Beasiswa USM ITB TERPUSAT 2009

By | 12/04/2009

Bagi Anda yang berminat mengikuti USM ITB tahun 2009, Anda dapat mendapatkan beasiswa dalam 3 kategori, yakni beasiswa minat, beasiswa ekonomi lemah, dan beasiswa penuh.

BEASISWA MINAT
Beasiswa Minat, tanpa memerlukan persyaratan apa pun. Ketentuan yang berlaku bagi para peserta kategori Beasiswa Minat adalah sebagai berikut :

1. Lulusan SMA tahun Ijazah 2007, 2008, dan 2009.
2. Bagi peminat program studi Astronomi, Meteorologi, Oseanografi, dan/atau Teknik Metalurgi, merupakan lulusan SMA IPA sedang peminat program studi Seni Rupa, merupakan lulusan SMA/SMK.
4. Peserta kategori beasiswa minat hanya dapat memilih prog studi :
a. Astronomi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
b. Meteorologi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)
c. Oseanografi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)
d. Teknik Metalurgi (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan)
e. Seni Rupa (Fakultas Seni Rupa dan Desain)
5. ITB hanya memberikan keringanan biaya SDPA saja. Peserta  USM ITB 2009 Terpusat yang berminat untuk mengambil program beasiswa ini tetap dikenai biaya ujian sesuai ketentuan yang berlaku, dan bila lulus tetap dibebani Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) yang sama dengan mahasiswa lainnya.
6. Kelulusan peserta  USM ITB 2009 Terpusat, kategori Beasiswa Minat hanya ditentukan oleh hasil ujian tertulis dan dilakukan dengan standar yang sama dengan para peserta USM ITB 2009 Terpusat lainnya.



BEASISWA OLIMPIADE KEILMUAN TINGKAT NASIONAL
Ketentuan bagi calon peserta USMITB 2009 Terpusat yang merupakan Peraih Medali Olimpiade Keilmuan Tingkat Nasional :
1. Pemilik Ijazah SMA IPA, bukan Ijazah persamaan, tahun 2009
2. Minimal Peraih Medali Perunggu di salah satu Olimpiade Keilmuan Tingkat Nasional di Tingkat SMA, yang dibuktikan dengan Sertifikat Bukti Keikutsertaan dan Sertifikat Bukti Prestasi, yang mencantumkan medali yang berhasil diraih
3. Menyerahkan fotokopi Sertifikat Bukti Prestasi
4. Menyerahkan 1 (satu) lembar surat keterangan dari sekolah (berfoto dan dicap sekolah), yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 3 di sekolah tersebut
5. Untuk memperoleh SDPA minimal Rp. 0,00 (nol rupiah), pilihan Fakultas/Sekolah sesuai dengan pilihan yang diperkenankan untuk masing-masing bidang keilmuan Olimpiade yang diikutinya (lihat tabel).

Bidang Keilmuan Olimpiade Fakultas/Sekolah yang dapat dipilih
MATEMATIKA Matematika (FMIPA), Fisika (FMIPA), Astronomi (FMIPA), Teknik Informatika (STEI)
KIMIA Kimia (FMIPA), Sains dan Teknologi Farmasi (SF), Farmasi Klinik dan Komunitas (SF), Teknik Kimia (FTI), Teknik Lingkungan (FTSL)
FISIKA Fisika (FMIPA), Teknik Geofisika (FTTM), Teknik Fisika (FTI)
BIOLOGI Biologi (SITH), Sains dan Teknologi Farmasi (SF), Mikrobiologi (SITH), Teknik Lingkungan (FTSL)
ASTRONOMI Matematika (FMIPA), Fisika (FMIPA), Astronomi (FMIPA), Aeronotika dan Astronotika (FTMD)
KOMPUTER Matematika (FMIPA), Teknik Elektro (STEI), Teknik Informatika (STEI)

6.       Formulir pendaftaran peserta  USM ITB 2009 Beasiswa Olimpiade dapat diperoleh selama masa pembelian formulir pendaftaran  USM ITB 2009 Terpusat, bertempat di :

Loket Pendaftaran Peserta USMITB 2009 Beasiswa Olimpiade
Gd. ANNEX lt. 1, Jalan Tamansari 64 Bandung
Pukul 08.00 – 15.00 WIB (setiap hari kerja)

Ketentuan bagi calon peserta USM ITB 2009 Terpusat yang merupakan Peserta Olimpiade Keilmuan Tingkat Nasional yang diundang untuk mengikuti  USM ITB 2009 Terpusat :
1. Pemilik Ijazah SMA IPA, bukan Ijazah persamaan, tahun 2009
2. Memperlihatkan Undangan Mengikuti USMITB 2009 Terpusat (asli), yang diterbitkan oleh Panitia Pelaksana  USM ITB 2009 Terpusat
3. Menyerahkan 1 (satu) lembar surat keterangan dari sekolah (berfoto dan dicap sekolah), yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 3 di sekolah tersebut
4. Untuk memperoleh SDPA minimal Rp. 0,00 (nol rupiah), pilihan Fakultas/Sekolah sesuai dengan bidang keilmuan Olimpiade yang diikutinya (lihat tabel).

Bidang Keilmuan Olimpiade Fakultas/Sekolah yang dapat dipilih
MATEMATIKA Matematika (FMIPA)
KIMIA Kimia (FMIPA)
FISIKA Fisika (FMIPA)
BIOLOGI Biologi (SITH)
ASTRONOMI Astronomi (FMIPA)
KOMPUTER Teknik Informatika (STEI)

5. Formulir pendaftaran peserta USMITB 2009 Beasiswa Olimpiade dapat diperoleh selama masa pembelian formulir pendaftaran USMITB 2009 Terpusat, bertempat di :
Loket Pendaftaran Peserta USMITB 2009 Beasiswa Olimpiade
Gd. ANNEX lt. 1, Jalan Tamansari 64 Bandung
Pukul 08.00 – 15.00 WIB (setiap hari kerja)

6. Kelulusan peserta Beasiswa Olimpiade di  USM ITB 2009 hanya berdasarkan hasil ujian seleksi yang telah ditempuhnya. Prestasi peserta pada saat SMA tidak diperhitungkan dan tidak berpengaruh terhadap penilaian hasil ujian seleksi.
7. ITB hanya memberikan keringanan biaya SDPA saja. Bila peserta  USM ITB 2009 Beasiswa Olimpiade dinyatakan lulus dan dapat diterima sebagai mahasiswa ITB, yang bersangkutan tetap dikenai Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) yang sama dengan mahasiswa ITB lainnya.

BEASISWA EKONOMI LEMAH
Bagi calon peserta  USM ITB 2009 Terpusat yang berasal dari keluarga golongan ekonomi lemah, ITB memberikan subsidi, sehingga calon mahasiswa yang bersangkutan tidak dibebani biaya SDPA, bila lulus dan dapat diterima sebagai mahasiswa ITB. Untuk mendapatkan subsidi SDPA tersebut, calon peserta USM ITB 2009 Terpusat harus memenuhi ketentuan-ketentuan berikut :
1. Peminat Beasiswa Ekonomi Lemah hanya dapat mengikuti USMITB 2009 Terpusat dan tidak diperkenankan mengikuti USMITB 2009 di Daerah.
2. Peserta USM ITB 2009 Terpusat yang berminat untuk mengambil program beasiswa ini tetap dikenai biaya ujian sesuai ketentuan yang berlaku, serta tetap dibebani Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) yang sama dengan mahasiswa lainnya, bila lulus USMITB 2009 di Daerah dan diterima sebagai mahasiswa ITB.
3. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bukan Ijazah persamaan, dengan tahun ijazah 2007, 2008 dan 2009.
4. Mendaftarkan diri dengan melampirkan persyaratan ekonomi sebagai berikut, pada saat pengambilan formulir USM ITB 2009 Terpusat :

Pekerjaan Orang Tua Kelengkapan dokumen yang diperlukan
1.       PNS Gol. I dan Gol. II

2.       Guru TK, SD

3.       Guru SMP/SMA Negeri

4.       Guru Sekolah Kejuruan

5.       Anggota ABRI/POLRI setinggi-tingginya BINTARA

a.        Surat Keterangan Penghasilan kedua Orang Tua

b.       Surat Keputusan (SK) dari instansi tempat bekerja kedua Orang Tua

c.        Daftar Gaji Orang Tua terakhir

d.       Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta USMITB

e.       KTP kedua Orang Tua calon peserta USMITB

1.       Pensiunan di atas

2.       Pensiunan PNS Gol III

a.        Surat Keterangan Penghasilan kedua Orang Tua

b.       Surat Keputusan (SK) pensiun Orang Tua sesuai status terakhir

c.        Kartu Keluarga dan KTP kedua Orang Tua calon peserta USMITB

1.       Berpenghasilan rendah (termasuk petani, nelayan, dll) a.        Surat Keterangan Penghasilan kedua Orang Tua

b.       Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW atas nama kedua Orang Tua

c.        Keterangan Tidak Mampu atas nama kedua Orang tua dari Dinas Sosial Daerah setempat

d.       Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta USMITB

e.       KTP kedua Orang Tua calon peserta USMITB

BEASISWA BIAYA PENDIDIKAN PENUH

Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh hanya diberikan kepada peserta USM ITB 2009 Terpusat, yang berasal dari keluarga golongan Ekonomi Lemah, pemilik ijazah SMA/SMK/sederajat, tahun 2009, bukan Ijazah persamaan, (sesuai persyaratan untuk jalur ujian yang dipilih). Kriteria kemampuan ekonomi orang tua yang digunakan adalah jumlah penghasilan total dari kedua orang tua calon mahasiswa, kurang dari nilai Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku.

Syarat dan ketentuan peserta USM ITB 2009 Terpusat yang berminat untuk menerima Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh :
1. Jumlah penerima beasiswa biaya pendidikan penuh pada USM ITB 2009 dibatasi sebanyak 30 (tiga puluh) orang, terdistribusi merata di seluruh fakultas/sekolah yang ditawarkan ITB di USMITB 2009, kecuali di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).
2. Hanya dapat mengikuti USMITB 2009 Terpusat, tidak diperkenankan mengikuti USM ITB 2009 di Daerah.
3. Hanya dapat memilih jalur ujian Sains & Teknik dan/atau FSRD saja. Calon peserta diperkenankan memilih salah satu jalur ujian tersebut (Sains & Teknik saja atau FSRD saja) atau kombinasi dari kedua jalur ujian (Sains & Teknik dan FSRD).
4. Calon peserta harus mendaftarkan diri sendiri (tidak diwakilkan) sebagai calon peserta USM ITB 2009 Terpusat kategori Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh, dengan mengambil formulir khusus bagi calon peserta USMITB kategori Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh, di Loket Direktorat Pendidikan ITB, Jl. Tamansari no. 64 Bandung. ITB tidak membebankan biaya ujian (biaya formulir dan ujian Rp. 0,00)
5. Memperlihatkan dokumen asli dan menyerahkan 2 (dua) berkas fotokopi persyaratan dokumen berikut, pada saat pengambilan formulir USMITB 2009 Terpusat :
a.  Surat Keterangan Penghasilan atas nama kedua Orang Tua calon peserta USMITB (ayah dan ibu)
b.  Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW atas nama kedua Orang Tua calon peserta USMITB (ayah dan ibu)
c. Keterangan Tidak Mampu atas nama kedua Orang Tua calon peserta USMITB (ayah dan ibu) dari Dinas Sosial Daerah setempat, minimal setingkat Kecamatan
d.  Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta USMITB
e.  KTP kedua Orang Tua calon peserta USMITB (ayah dan ibu)
f.  Kartu Identitas calon peserta USMITB 2009
6.  Calon peserta yang telah melengkapi seluruh persyaratan dokumen diatas, dapat melakukan pengambilan formulir bagi calon penerima beasiswa biaya pendidikan penuh. Khusus bagi calon peserta USMITB kategori Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh, ITB tidak mengenakan biaya pelaksanaan Ujian USMITB 2009 (biaya formulir Rp. 0,00), akan tetapi, jumlah formulir yang tersedia untuk kategori tersebut, terbatas.
7. Beasiswa yang diberikan ITB mencakup seluruh biaya pendidikan, termasuk biaya SDPA, Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) per semester, dan biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru, sehingga peserta yang bersangkutan akan dibebani biaya SDPA sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), biaya BPP sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), dan biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), bila diterima sebagai mahasiswa ITB.
8. Program ini ditawarkan hanya pada pelaksanaan USM ITB 2009 Terpusat. Pendaftaran calon peserta USMITB 2009 Terpusat kategori Beasiswa Penuh akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan pendaftaran calon peserta USMITB 2009 Terpusat lainnya, pada pertengahan April- Mei 2009.

untuk mengetahui info lebih lanjut, kunjungi website usm itb.

4 thoughts on “Beasiswa USM ITB TERPUSAT 2009

  1. payday loans canada

    The writer of begotsantoso.com has written a superior article. I got your point and there is nothing to argue about. It is like the following universal truth that you can not disagree with: The best computer today will be junk in 1000 years I will be back.

  2. Anonymous

    yup, betul ramlan.. ada beasiswa itb..malah semakin banyak..

  3. ramelan

    mudah mudahan tahun depan tetap ada beasiswa seperti ini

  4. indah

    beasiswa lewat penelusuran minatny udh lwt atau mash ad y?
    prosesny gmn sih?
    trmksh..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.