Stress campur takut ketika blog kita yang nota bene menggunakan cms wordpress kacau balau karena server pindah dan php kita tidak sesuai dengan server baru.. Bukan hanya carut marut di header blog,tapi juga saya tidak bisa login ke wordpress sendiri. Khan namanya boong punya blog tapi tidak bisa update tulisan. Mengeluh ke hosting dijawabnya:

Dari pesan error yang muncul biasanya hal itu disebabkan oleh versi php yang anda gunakan sudah tidak sesuai dengan versi php yang digunakan oleh server kami. Sebagai informasi, server kami memakai versi php 5.3.4
Anda bisa meng-update terlebih dahulu versi php yang digunakan, yaitu dengan meng-update versi cms yang anda gunakan.

Dengan terpaksa deh utak utik filezilla (sarana upload ke hosting) lagi.. Meskipun dag dig dug takut kenapa2 apalagi namanya back up database tidak pernah, dengan terpaksa berusaha cari update wordpress. Dari informasi mbah google, dapatlah cara update sederhana dan sangat membantu. Hasil uji coba, Alhamdulillah blog ini selamat dan tambah sehat..

Langkah-langkahnya seperti ini:

1.Login ke cpanel hosting anda (saya menggunakan filezilla), lalu masuk ke folder public html yang akan di update

2.Hapus folder wp.admin dan wp.include

3.Download versi terbaru wordpress di http://wordpress.org/download/

4.Extract file tersebut di komputer anda, lalu cari dan hapus folder wp.content yang ada di dalam file hasil download tersebut.

5. Upload file wordpress tersebut ke folder public html blog yang ingin anda update.

6. Setelah semua terupload, buka www.domainanda.com/wp-admin dan lakukan instruksi update database itu.

7. Alagadabra ! versi wordpress terbaru siap digunakan..

Selamat Mencoba…