Lebaran sebentar lagi.. Acara bertemu keluarga, sesuatu yang sangat menarik.. meskipun acara ini menyita bukan hanya waktu dan tenaga, tetapi juga uang yang sangat banyak.

Saya sudah berkali-kali mudik dalam perjalanan yang superjauh. Pengalaman suka dan duka sering Saya rasakan ketika diperjalanan. Bagi Anda yang berencana untuk mudik dan menggunakan kendaraan bermotor roda 4 sendiri, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Periksa mobil Anda kurang lebih seminggu sebelum mudik, dan usahakan mencari pas hari-hari diskon. Karena setiap bengkel resmi (beres) memberikan diskon menarik ketika mendekati lebaran. Apa saja yang perlu diperhatikan dari mobil Anda: kaki-kaki dan sistem pengeriman, spooring-balancing, ganti oli danĀ  filter, ganti oli transmisi, dan jangan lupa periksa radiator bermasalah atau tidak. Saya pernah berpengalaman, karena malas kuras radiator akhirnya sampai demak mobil bermasalah, dimana terjadi panas berlebihan dan berakibat blok mesin bocor.. terpaksa deh, ganti blok mesin dan menghabiskan uang superbanyak.

2. Jika kondisi memungkinkan, berangkatlah pada malam hari disaat sedikit kendaraan bermotor roda 2 tidak ada. Perjalanan siang hari tidak bisa berjalan optimal, karena banyaknya pengguna terutama kendaraan roda 2.

3. Peliharalah jarak aman dibelakang mobil sehingga ada jarak pengeriman jika ada sesuatu didepan.

4. Hindari mengikuti mobil besar, karena pandangan tidak lepas. Dan jika ini terjadi berusahalah untuk menyalipnya hingga Anda mempunyai pandangan yang lepas.

5. Jangan memaksa menyetir mobil pada saat kondisi sedang mengantuk. Hasil penelitian, ada 2 hal penyebab utama terjadinya kecelakaan, yakni ban pecah dan kondisi mengantuk. Jika Anda mengantuk, lebih baik Anda berhenti dan beristirahat. Pada saat musim mudik tiba, banyak posko dari BERES yang menyedikan tempat untuk beristirahat. SPBU di jalur pantura dan selatan buka 24 jam, dan siap sebagai tempat istirahat sementara.

6. Jika Anda memilih jalur selatan, perhatikan juga bahwa dijalur ini lebih sedikit SPBU, jadi jangan sampai anda kehabisan BBM ditempat yang jauh dari SPBU.

7. Jangan emosi ketika melihat kendaraan lain kebut-kebutan, apalagi sampai mengambil bahu jalan. Selain berbahaya, belum tentu kendaraan Anda sukses untuk melakukan manuver seperti mobil lainnya. Terlebih jika Anda menggunakan mobil sedan, bisa berbahaya.

8. Jangan membawa penumpang dan barang bawaan yang berlebihan, karena jika beban kendaraan sangat berat akan membuat kendaraan limbung, lambat dalam pengeriman, dan sulit dikendalikan.

Moga bermanfaat dan selamat mudik..