cartoon-books-clipartUN benar-benar membuat panik siswa, sekalipun berasal dari SMA favorit. Setiap hari, ketika mengadakan tambahan ntah siang atau malam selalu dijubeli dengan siswa. Meski Saya memberi tambahan untuk mata pelajaran Biologi. Harusnya, jika dipersiapkan dengan betul, hari ini hingga waktu UN berlangsung, sudah waktunya siswa menghadapi minggu tenang. Apa yang perlu Anda persiapkan seminggu ini, sebelum menghadapi UN?

Persiapkan peralatan

Jangan meremehkan peralatan, meskipun hal sepele. Jika Anda tidak mempersiapkan dengan baik, maka akan membuat segalanya menjadi buyar. Usahakan membeli pensil , penghapus, penggaris, ballpoint, dan serutan. Karena Anda akan berkonsentrasi selama ujian, usahakan hal-hal yang kecil tersebut menjadi sandungan Anda. Membeli pensil harusnya lebih satu dan semuanya dalam keadaan sudah di serut. Hindari ketika mengerjakan soal Anda direpotkan dengan tumpulnya pensil, sehingga Anda menyerut selama ujian berlangsung. Untuk pensil, sebaiknya ujung yang satu runcing, sedangkan ujung lainnya tumpul. Ujung yang runcing digunakan untuk membulatkan bagian pinggir, sedangkan ujung yang tumpul untuk ditengah.

Jangan Stress

Setiap siswa akan menghadapi hal yang sama, yakni merasa belum siap ujian yang pada akhirnya membuat stress. Padahal stress dapat mengurangi tingkat kemampuan dalam mengerjakan soal hingga 50%. Hindari stress. Anggap persiapan selama 3 tahun ini sudah cukup. Tidak pernah dalam sejarah UN, siswa yang mampu mengerjakan seluruh mata pelajaran seratus persen benar. Ini yang perlu Anda pahami. So, tidak ada gunanya Anda stress yang justru akan merugikan Anda sendiri.

Hindari Masalah

Seperti ujian pada umumnya, UN juga membutuhkan persiapan mental yang baik agar dapat mengerjakan setiap soal secara optimal. Olehkarenanya, setiap ada masalah dengan teman, sahabat, orang tua, saudara dan lain-lain hendaknya secepatnya diselesaikan, sebelum pelaksanaan UN. Selain itu hindari percakapan atau perilaku apapun yang mendatangkan masalah baru. Ini penting, terutama untuk persiapan mental, sehingga Anda dapat mengerjakan setiap soal dengan menyenangkan dan tidak dibayangi dengan masalah.

Jaga Kesehatan

Percuma saja jika Anda mati-matian belajar tetapi pas hari H UN sakit. Olehkarenanya, jaga kesehatan. Jangan melakukan olahraga atau aktivitas yang berlebihan sehingga membuat badan menjadi sakit. Lakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran. Konsumsi vitamin dan buah-buahan untuk menjada stamina. Jangan di forsir lagi belajar. Jangan sampai pada hari H UN Anda malah jenuh ketika menghadapi soal.

Apa yang perlu dipersiapkan menjelang UN

Yang perlu dipersiapkan terutama mental. Sehari menjelang ujian jangan mengerjakan lagi soal yang sifatnya hitungan, apalagi jika tidak di damping oleh pengajar/guru. Jika Anda merasa kesulitan mengerjakan akan menambah ke-stress-an Anda. Lebih baik mengulang pelajaran yang bersifat ingatan. Jika besuknya mau UN materi hitungan, Anda cukup mencoba mengingat rumus-rumus yang akan digunakan. Kecuali Anda sudah siap mental ketika tidak bisa mengerjakan soal tertentu.

Sikap terbaik setelah UN

Setiap selesai mengerjakan soal UN, pada siang hari tidak perlu membuka kembali soal yang sudah diujikan. Karena itu tidak akan pernah membantu menyelesaikan masalah. Lebih baik, mempersiapkan untuk UN di hari berikutnya. Jangan juga mencocokkan jawaban. Tinggalkan itu semua, dan persiapkan untuk menghadapi ujian dihari berikutnya.

Setelah semua rangkaian UN selesai, pasrahkan semua hasil pada Allah. Semoga apa yang Anda lakukan, mendapatkan hasil optimal. Jangan menunggu hasil UN dengan santai, karena setelah UN Anda akan menghadapi UAS dan even yang sangat menentukan hidup Anda, yakni seleksi PTN.