Pagi tadi jam 6 saya di telpun oleh orang tua siswa dan menanyakan bagaimana mengakses pengumuman usm itb. Saya baru nyadar kalo orang tua sekarang sudah familiar dengan website, email, dan browsing. Hari gene internet memang mulai menjadi kebutuhan primer. Ini tidak terlepas oleh peran PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dimana Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri oleh PTN (perguruan tinggi negeri) dilakukan by online. Ini menuntut  orang tua yang anaknya di SMA, tau dunia perinternetan.

Dikalangan masyarakat umum, internet sudah mulai sangat popular. Terlebih dengan hadirnya website yang menawarkan links pertemanan seperti friendster.com, h15, facebook.com, dan lain-lain membuat internet semakin popular. Bahkan kehadiran moda pertemanan facebooks, guru-guru disekolah, siswa dari level SD sampai dengan SMA, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan karyawan setiap hari tengah berasik ria didepan laptop atau PC untuk hanya sekedar membuat pernyataan, nge-add teman baru, upload foto dan berkomentar di wall to wall. Hanya sedikit orang yang memanfaatkan facebook untuk mencari job, memasarkan produk dan internet marketing lainnya.

Berdasarkan riset, kehadiran facebook mendongkrak penjualan perangkat electronic dan sumber inspirasi produsen menciptakan produk terkoneksi internet seperti blackberry, hp dengan berteknologi wifi, bluetooth, HSDPA serta menjamurnya mini note yang menawarkan koneksi internet. Bahkan produk mini note sekarang menawarkan penggunaan baterai 6 cell dengan  pemakaian  kurang lebih 4 jam dan luar biasanya mini note sekarang umumnya di patok harga 5 jutaan. Bandingkan dengan harga 3 tahunan lalu, computer jinjing mini berharga tidak kurang dari 10 jt.

Kemajuan teknologi internet ini dapat dipandang sebagai hal positip, karena bisa mengakses dunia dengan ujung jari, tetapi disatu sisi pancaran gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari signyal dan perangkat elektronik merupakan radikal bebas yang dapat menimbulkan mutasi pada sel tubuh manusia. Dan efeknya berbagai penyakit degenerative akan timbul dan bahkan mungkin saja terjadi munculnya tumor dan akhirnya menjadi kanker. Melihat monitor hp, laptop atau PC dengan waktu lama akan membuat mata berkunang-kunang, pusing, menurunkan tingkat kecerdasan dan malas melakukan aktifitas apapun. Penelitian baru-baru ini yang disadur koran media Indonesia, laki-laki yang menggunakan hp 4 jam sehari, akan menurunkan produksi sperma hingga 40%. Menakutkan juga ya.