Judul ini saya yakin tidak asing ditelinga Anda.. Ya, kata-kata yang seringkali diucapkan oleh the legend, Mbah SURIP. Simple, tapi penuh arti.. I love You Full, Saya Mencintai Anda sepenuh hati.. Inilah yang diajarkan mbah Surip dalam menghadapi hidup.. Meski singkat, kata-kata ini juga berarti konsistensi, termasuk konsistensi terhadap pekerjaan yang ditekuni oleh mbah Surip.

Mbah Surip memang legendaris, unik dan low profile (rendah hati). Meski lagunya yang berjudul “tak gendong” sukses di RBT dan menghujani dirinya dengan pundi-pundi hingga 4,5 M, mbah surip tetap bersahaja. Tawanya yang lepas mengisyaratkan bahwa sesulit apapun hidup yang dilewati disikapi dengan rasa syukur. Kata-kata yang keluar dari mulut alumni Magister filsafat ini teramat sederhana bahkan, sehingga mudah dicerna segala lapisan, dari anak TK hingga orang tua. Atau mungkin kita terlalu sederhana menerjemahkan setiap sairnya, padahal didalamnya penuh sekali makna, dan hanya dia yang tau..

Pada akhirnya, kisah mbah Surip yang monumental itu mengajarkan banyak hal, termasuk didalamnya mau berbagi, kesederhanaan, rendah hati dan konsistensi. Dan siapapun yang mau menjadikan tauladan akan sukses seperti dirinya. Selamat Jalan Mbah.. Anda sudah mengajarkan bangsa ini..