Capek deh… itulah ungkapan yang cocok buat bencana “banjir bandang” Wasior. Indonesia memang tidak pernah belajar dari pengalaman. Sudah diberi “harta melimpah” oleh Tuhan berbentuk hutan dengan keanekaragaman hayati yang super lengkap, tetapi tidak bisa memanfaatkan dan menjaganya..

Alih-alih memanfaatkan hutan, menjaganya saja tidak becus.. Berbagai cobaan sebenarnya sudah sering menimpa Indonesia. Dan “banjir bandang” seperti Wasior yang terjadi didaerah lain bukan satu dua kali.. Tapi tetap saja itu bukan menjadi pelajaran berharga. Yang ada “pembiaran” terhadap keserakahan.. Jelas-jelas Wasior mempunyai kemiringan 40 derajat lebih, tetap saja kegiatan penebangan hutan diberi izin didaerah itu.. Ya ujungnya bisa ditebak, terjadi “pembunuhan masal” akibat banjir..

Bapak Presiden, Bapak Menteri, Bapak-bapak pemerintah pusat dan daerah.. Sampai kapan Anda sadar akan pentingnya untuk hidup “serasi” dengan lingkungan, dengan hutan yang menghidupi kita.. Bukan hanya life service, tetapi sudah menjadi aksi nyata..

Bapak-bapak yang ada dipemerintahan.. Anda harus benar-benar berani menegakkan keadilan.. bukan hanya sekedar menghukum tukang kayu yang merambah hutan, tetapi lebih dari sekedar itu menghukum cukong-cukong yang bermain dan mengeruk gelondongan kayu untuk menumpuk kekayaan. menghentikan pemberian izin dan mereschedul izin yang ada.. jika perlu hentikan segala bentuk izin.. hukum seberat mungkin cukong pembalakan liar..

Bapak yang terhormat di DPR.. Kapan Anda peduli dengan rakyat.. jangan hanya sekedar membagikan sembako ketika kampanye.. jangan hanya sekedar membuat janji-janji kosong belaka.. Jangan cuman “jalan-jalan” keluar negeri dibenak Anda.. Mulailah membuat aksi simpatik, menghemat uang rakyat dan menggunakannya untuk sesuatu yang lebih berguna.

20101007_055959_waior2

Sampai kapan Bapak-bapak dipemerintahan sadar… Bencana Wasior bukti ketidakbecusan pemerintah dalam mengelola alam.. Atau masih mau menunggu bencana- sejenis datang lagi didaerah lain.. Capek deh liat bapak-bapak dalam mengelola negara ini…

sumber gambar: mediaindonesia.com