Tidak terasa dua hari lagi pelaksanaan SNMPTN 2009 diadakan. Hampir dua bulan sudah, berkonsentrasi  mengajar dan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu pemahaman siswa. Saya yang oleh bigbos ditugasi ngurusi Supercamp melakukan segala upaya, dari mulai motivasi, outbond, klinik belajar, micro teaching dan proses pembelajaran dikelas. Tujuannya satu, bisa menghantarkan kelulusan siswa sebanyak-banyaknya.

Hari ini minggu, dan dua hari setelahnya rabu dan kamis, tanggal 1 – 2 juli 2009, SNMPTN berlangsung. Apa sebenarnya yang perlu dilakukan siswa dalam dua hari terakhir? Apapun kondisinya, setiap siswa harus melakukan afirmasi SIAP SNMPTN 2009. Tidak boleh ada kata-kata belum atau tidak siap.  Anggap persiapan selama ini sudah cukup. Dan sadari tidak pernah ada peserta SNMPTN yang bisa menjawab soal SNMPTN seratus persen benar. Hal-hal lain yang perlu dilakukan:

1.         Normalkan kembali siklus biologi

Bagi Anda yang habis-habisan belajar hingga larut malam atau mungkin sampai pagi, hati-hati dengan siklus biologi ini. Jangan sampai kebiasaan ini terbawa hingga hari H SNMPTN. Belajar hingga larut malam atau pagi sangat bagus, tapi mendekati hari H SNMPTN, siklus biologi ini harus dinormalkan kembali. Ini tak lain bertujuan agar pas hari H SNMPTN bisa bangun pagi-pagi dan fresh, sehingga dapat mengerjakan soal SNMPTN secara optimal.

2.         Jangan belajar soal hitungan

Jangan lagi belajar soal hitungan jika tidak didampingi oleh tentor. Soal-soal hitungan membutuhkan waktu yang panjang, dan jika Anda tidak dapat mengerjakan soal dengan baik, nanti ada perasaan bahwa belum siap SNMPTN. Belajarlah soal-soal yang sifatnya pemahaman atau hapalan. Berusaha ingat kembali rumus-rumus yang digunakan dalam setiap mata pelajaran.

3.         Lengkapi peralatan

Lengkapi peralatan sekarang juga! Ini penting, jangan sampai Anda hingga hari H lupa membeli peralatan, seperti pensil, penghapus, serutan, ballpoint, dan pengalas (jika perlu). Serut semua pensil dan hindari menyerut ketika SNMPTN berlangsung, karena dapat mengurangi waktu pengerjaan terhadap soal.

4.         Lihat lokasi sehari sebelum tes

Sehari sebelum tes berlangsung, surveylah lokasi dimana Anda SNMPTN besuk harinya. Ketika survey jangan lupa ukur jarak tempuh, ini penting karena pada hari H biasanya jalanan macet karena peserta SNMPTN. Ketika survey ke lokasi ujian, jangan lupa lihat WC (water close)nya, siapa tahu besuk Anda membutuhkannya.

5.         Jangan tidur terlalu malam

Ketika besuk ujian, jangan tidur diatas jam 22.00, agar besuk bisa bangun sepagi mungkin dengan fresh. Jika Anda kesulitan tidur, berusahalah menghilangkan bayang-bayang terhadap SNMPTN. Jangan meminum obat-obat penenang, yang mungkin  malah merusak tubuh Anda, kecuali atas rekomendasi dokter.

6.         Jangan cocokan jawaban

Di hari H SNMPTN, berangkatlah ke lokasi sepagi mungkin, agar Anda tidak stress karena terlambat ujian. Sepulangnya dari ujian, jangan pernah mencocokan jawaban Anda, karena tidak ada gunanya sama sekali. Lakukan target dengan mengerjakan soal SNMPTN sebanyak mungkin.

7.         Jangan stress

Hindari stress karena apapun. Tidak ada gunanya stress. Karena dengan stress anda akan kesulitan dalam mengakses informasi dari otak yang akhirnya merugikan diri sendiri. Lakukan segala sesuatunya serileks mungkin.

8.         Berdoa

Jangan lupa berdoa. Dengan berdoa membuat Anda menjadi tenang. Jangan pernah berpikir hasil dan lebih baik pasrahkan hasilnya pada Allah SWT. Jalani prosesnya. Toh meskipun sepinter apapun Anda, jika Allah tidak berkehendak lulus, ya akhirnya gagal juga. Tetapi sebaliknya jika Anda biasa-biasa saja, tetapi Allah sudah menilai bahwa perjuangan Anda cukup, bisa saja Anda lulus.

Akhirnya selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha keras untuk mencapai impiannya.