belajarDengan persaingan yang superketat dalam Seleksi masuk PTN, memenangkan persaingan diperlukan kerja keras, konsistensi dan strategi yang tepat, karena tanpa ini semua, bukan kesuksesan yang didapatkan tapi dipastikan kegagalan. Ada 4 faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam mengikuti Seleksi masuk PTN, yaitu memilih jurusan dan tempat kuliah, menguasai materi Seleksi PTN, menghindari kesalahan teknis, dan persiapan mental.

 MEMILIH JURUSAN DAN TEMPAT KULIAH
Hingga sekarangpun diantara kamu ketika ditanya: “Mau milih jurusan apa  ntar? Umumnya banyak yang menjawab “masih bingung”. Padahal waktu persiapan Seleksi masuk PTN semakin mepet, menetapkan jurusan tertentu sebagai sebagai pilihan merupakan keharusan. Olehnya, buatlah keputusan memilih jurusan di PTN sejak dini, tentunya dalam hal memilih jurusan harus disesuaikan dengan bakat dan minat. Untuk membuat semakin yakinnya keputusan yang kamu tersebut, mintalah dukungan dari orang tua, saudara, dan teman dekat/spesial yang nantinya dapat memberikan support atas pilihan yang kamu buat. Terlebih dengan Ortu yang nantinya akan membiayai kamu selama kuliah di PTN.

Apa kiat dalam memilih jurusan di suatu PTN? Harus disadari kesuksesan kamu dimasyarakat nantinya tidak tergantung pada jurusan atau PTN yang kamu pilih. Karenanya, ketika kamu memilih jurusan tidak harus memilih jurusan atau PTN yang lagi “ngetrend” atau “popular”, namun yang jauh lebih penting perlu dipikirkan besar-kecilnya daya tampung dan tingkat persaingannya.

Jika impian kamu dapat menembus PTN melalui SNMPTN, maka pada SNMPTN nanti, kamu setidaknya memilih 2 pilihan program studi, maka pada pilihan pertama, pilihlah jurusan yang betul-betul kamu inginkan, dan inilah sebenarnya impian kamu, sedang pilihan kedua: pilihlah jurusan yang saingannya tidak berat dan sesuai dengan kemampuan kamu. Untuk melihat tingkat persaingan tiap jurusan, kamu bisa memanfaatkan website SSC di www.sonysugemacollege.com dengan melihat nilai TO dan rangking pada program superintensif. Pilihlah jurusan dimana kamu masuk dalam 30% dari daya tampung di SNMPTN. Misalnya, jika kamu nantinya memilih jurusan FK UNPAD, dimana daya tampung di SNMPTN 150 mahasiswa, maka pilihan aman ketika nilai TO kamu termasuk 50 besar dari pserta TO yang milih FK Unpad. Agar peluang kelulusan besar, mintalah bantuan konsultan yang ada di SSC.

Selain itu, perlu juga dipertimbangkan tentang biaya hidup, tempat tinggal, keadaan lingkungan/sistem pergaulan di sekitar PTN yang kamu pilih. Ini perlu karena berhubungan dengan kemampuan finansial ortu dan lingkungan yang menunjang kesuksesan ketika kuliah.

 MENGUASAI MATERI SELEKSI MASUK PTN
Tidak ada kesuksesan yang dibangun dengan sim salabim. Semua orang sukses dibelahan bumi ini selalu melalui proses yang panjang dan melelahkan. Contohnya bagaimana  Thomas Alfa Edison dapat menemukan Listrik setelah ribuan kali percobaan. Don Jun Yong dengan perusahaan raksasa Hyundainya dibangun dengan kerja yang sangat keras. Bill Gates, manusia terkaya diplanet bumi setelah bertahun-tahun membangun perusahaan microsofnya sehingga menguasai software diseluruh dunia. Demikian halnya orang-orang yang sekarang sudah sukses di masuk PTN melalui proses belajar sangat keras. Ya, berarti kunci sukses di tembus PTN melalui proses belajar.

Dengan beban materi yang seambreg dan minimnya waktu, maka dalam proses belajar perlu strategi yang tepat. Banyak diantara kamu ketika mengerjakan soal berharap punya cara jitu / cepat (the fastest solution). Padahal cara tersebut  banyak yang menyesatkan, dan sering terjadi cara tersebut hanya untuk satu jenis soal saja, sehingga ketika berhadapan dengan soal yang berbeda kamu akan menemui kesulitan. Mulai sekarang, belajarlah konsep dan perkuat kuda-kuda sehingga kamu akan siap menghadapi berbagai tipe soal dan seleksi PTN apapun.

Kuasailah kisi-kisi seleksi masuk PTN tahun sebelumnya dengan mengerjakan tugas mandiri SSC. Buat juga target beberapa soal yang akan dikerjakan pada saat seleksi PTN nanti. Hal ini penting untuk menambah semangat belajar.

 HINDARI KESALAHAN TEKNIS
Dimateri profil SNMPTN kamu sudah tahu bahwa banyak peserta gagal bukan karena tidak dapat mengerjakan soal, tapi karena faktor teknis. Meskipun kelihatannya sepele, tapi peserta yang gagal karena kasus ini hampir sama dengan peserta yang lulus seleksi PTN. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan teknis.

  • – Pilihlah pensil 2B, serutan pensil dan penghapus dengan kualitas. Sedapat mungkin hindari menghapus, karena proses menghapus yang tidak bersih betul dapat terbaca oleh scanner dan Akibatnya menjadi fatal.
  • – Ketika kamu menerima LJK, perhatikan apakah LJK tersebut kualitasnya baik seperti cetakan jelas, tanpa coretan dan tidak terlipat.
  • – Jangan menghitamkan LJK kalau belum yakin itu sebagai pilihan jawaban. Setiap kali mengisi LJK berusahalah memeriksa kembali data yang kamu isikan tersebut, apakah sudah hitam benar, tidak berada dalam satu kolom dengan data lain dan sebagainya.

 
PERSIAPAN MENTAL
Tidak jarang peserta Seleksi PTN yang telah menguasai materi pelajaran dan tahu hal-hal teknis tentang Seleksi PTN menjadi gagal karena tidak adanya kesiapan mental pada diri peserta tersebut. Alasannya klasik, seperti merasa belum menguasai materi yang di seleksi kan, takut berbuat kesalahan, dan masih banyak lagi alasan yang digunakan. Berusahalah meniru sikap orang sukses didunia seperti halnya Michael Jordan. Pebasket legendaries dari AS tersebut setiap harinya berlatih dan ketika bertanding berkonsentrasi dengan apa yang dia lakukan ketika berlatih. Jordan tidak pernah mempedulikan bagaimana ribuan bahkan jutaan mata melihatnya ketika memasukkan bola basket ke keranjang. Dan hasilnya fantastic.

Demikian halnya ketika kamu mempersiapkan diri untuk seleksi masuk PTN. Jangan lagi berpikir tentang hasil. Serahkan semuanya pada Allah SWT. Yang terpenting buat kamu adalah berusaha maksimal agar mendapatkan hasil yang terbaik. Lebih perbanyak lagi berdoa pada Allah SWT, agar dipermudah ketika mengerjakan soal Seleksi masuk PTN. Sadari bahwa sepintar apapun kamu jika Allah SWT tidak mengijinkan, tidak akan lulus. Tetapi sebaliknya kamu biasa-biasa saja, kalau Allah berkehendak tetap akan lulus juga. Kuncinya JANGAN STRESS, karena stress akan menurunkan kemampuan otak. Usahakan setenang mungkin sehingga kamu dapat mempersiapkan Seleksi PTN secara optimal.