Universitas Diponegoro membuka seluas-luasnya bagi calon peserta didik yang berminat untuk mengikuti pendidikan berkualitas di program studi/jurusan/fakultas untuk program strata 1 maupun diploma III, yang ada di lingkungan Undip dengan melalui jalur seleksi sebagai berikut:

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) baik untuk program Strata 1 (S1) maupun program Diploma III (D-III). Seleksi ini biasanya pendaftaran mulai bulan Januari setiap tahunnya. Jalur PSSB ini adalah jalur tanpa tes. Informasi lengkap dipublikasikan di web site : pssb.undip.ac.id.Program PSSB untuk tahun 2010 akan menerima dari SMK (khusus untuk beberapa jurusan/ fakultas tertentu) baik untuk S1 maupun D3.
  2. Jalur UM I (Ujian Mandiri I) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1. Untuk tahun 2010, pendaftaran dimulai bulan Februari, dan Ujian Tertulis akan diselenggarakan bulan Maret.
  3. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur tes melalui seleksi nasional untuk program pendidikan S1.
  4. Jalur UM II (Ujian Mandiri II) adalah jalur tes tertulis untuk program S1 Reguler II.Biasanya pendaftaran dimulai bulan Juni setiap tahunnya.
  5. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma – III) adalah seleksi tes tertulis untuk khusus program Diploma III (D-III). Biasanya pendaftaran mulai bulan Juli setiap tahunnya.

Info pendaftaran pelaksanaan jalur Ujian Mandiri (UM) Undip tahun 2010 adalah sebagai berikut:
Pendaftaran : 25 Januari – 2 Maret 2010
Verifikasi (pengesahan pendaftaran) : 1 – 4 Maret 2010
Pelaksanaan Ujian Tertulis : 21 Maret 2010
Pengumuman hasil seleksi : 31 Maret 2010

Info selengkapnya tentang UM Undip, klik di sini