Akibat penjadwalan pelaksanaan UN yang tadinya bulan april menjadi bulan maret, maka program seleksi PTN secara mandiri juga mengalami reskedul, tidak terkecuali UNDIP (Universitas Diponegoro).

Pada tahun 2010, Undip menerima mahasiswa melalui beberapa jalur:

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) baik untuk program Strata 1 (S1) maupun program Diploma III (D-III). Seleksi ini biasanya pendaftaran mulai bulan Januari setiap tahunnya. Jalur PSSB ini adalah jalur tanpa tes. Informasi lengkap dipublikasikan di web site : disini Program PSSB untuk tahun 2010 akan menerima dari SMK (khusus untuk beberapa jurusan/ fakultas tertentu) baik untuk S1 maupun D3.
  2. Jalur UM I (Ujian Mandiri I) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1. Untuk tahun 2010, pendaftaran dimulai bulan Februari, dan Ujian Tertulis akan diselenggarakan bulan Maret.
  3. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur tes melalui seleksi nasional untuk program pendidikan S1.
  4. Jalur UM II (Ujian Mandiri II) adalah jalur tes tertulis untuk program S1 Reguler II.Biasanya pendaftaran dimulai bulan Juni setiap tahunnya.
  5. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma – III) adalah seleksi tes tertulis untuk khusus program Diploma III (D-III). Biasanya pendaftaran mulai bulan Juli setiap tahunnya.

Perubahan Waktu Ujian Tertulis

Dengan berbagai pertimbangan, maka pelaksanaan Ujian Tertulis UM I 2010 yang sebelumnya adalah tanggal 27 Maret 2010 dirubah menjadi 4 April 2010.

Lokasi Ujian Mandiri I Undip Tahun 2010

Calon peserta ujian mandiri I Undip tahun 2010 bisa memilih salah satu lokasi pengesahan verifikasi pendaftaran dan ujian tertulis di kota-kota berikut:

  1. Semarang
  2. Jakarta
  3. Surabaya
  4. Lampung
  5. Pekanbaru
  6. Medan
  7. Samarinda

Petunjuk Bagi Calon Pendaftar Luar Kota

  1. Menentukan kota lokasi pengesahan pendaftaran & ujian tertulis Ujian Mandiri Undip 2010. Misal jika anda bertempat tinggal di Bogor, anda bisa memilih lokasi pengesahan/verifikasi pendaftaran dan ujian tertulis di Jakarta.
  2. Melakukan pendaftaran online di web site um.undip.ac.id. Anda bisa lakukan dari manapun yang terjangkau infrastruktur internet. Tata cara pendaftaran bisa dibaca di menu –> Tata cara daftar. Anda juga bisa melakukan pembayaran biaya pendaftaran di semua cabang bank mandiri, semua ATM bank mandiri, atau internet banking bank mandiri dimanapun. Petunjuk cara membayar bisa dibaca di menu –> cara bayar pendaftaran.
  3. Melakukan pengesahan pendaftaran di lokasi kota yang dipilih pada saat pendaftaran. Kepastian tempat pengesahan / verifikasi pendaftaran akan diumumkan di web site um.undip.ac.id menjelang waktu verifikasi pendaftaran.
  4. Mengikuti Ujian tertulis sesuai dengan lokasi yang akan diberitahukan saat verifikasi pendaftaran.

Jadi anda yang berasal dari luar kota tidak perlu harus selalu ke Semarang. Silahkan pilih kota yang terdekat dengan anda untuk mengikuti Ujian Mandiri (Semarang, Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Lampung, Samarinda, Banjarmasin).

Tanggal Penting UM 1 UNDIP

  • Pendaftaran dan Pembayaran biaya pendataran 22 Januari – 22 Maret 2010
  • Verifikasi / Pengesahan Pendaftaran UM I 2010 29 Maret – 1 April 2010
  • Pelaksanaan Ujian Tertulis Mandiri I Tahun 2010 4 April 2010
  • Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri I 2010 April 2010