Biaya Kuliah di Unpad Melalui Jalur SMUP

By | 09/03/2011

Mau kuliah di Unpad?? Mesti tau jalur mana yang musti dipilih, karena jika melalui SMUP misalnya, anda harus menyediakan sejumlah uang untuk dana pengembangan yang jumlahnya tergantung jurusan.Inilah biaya itu

Berdasarkan keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor : 674/H6.1/Kep/HK/2011 Biaya studi yang harus ditanggung oleh mahasiswa Program Sarjana (S1) yang diterima melalui SMUP sebagai berikut :

  1. BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) yang dibayarkan pada setiap semester sebesar Rp. 2.000.000,00
  2. DP (Dana Pengembangan) yang dibayarkan satu kali pada saat registrasi mahasiswa baru, besarnya sesuai dengan Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayaran DP. (lihat daftar berikut).

Eksakta

No Fakultas Program Studi DP
1 Kedokteran Pendidikan Dokter 177,000,000.00
2 MIPA a. Matematika 27,000,000.00
b. Kimia 27,000,000.00
c. Fisika 22,000,000.00
d. Biologi 27,000,000.00
e. Statistika 32,000,000.00
f. Geofisika 22,000,000.00
3 Pertanian 1. Agroteknologi 22,000,000.00
2. Agribisnis 22,000,000.00
4 Kedokteran Gigi Pendidikan Kedokteran Gigi 77,000,000.00
5 Psikologi Psikologi 52,000,000.00
6 Peternakan Ilmu Peternakan 12,000,000.00
7 Ilmu Keperawatan Ilmu Keperawatan SMUP 27,000,000.00
8 Perikanan dan Ilmu Kelautan 1. Perikanan 17,000,000.00
2. Ilmu Kelautan 17,000,000.00
9 Teknologi Industri Pertanian 1. Teknik Pertanian 27,000,000.00
2. Teknologi Pangan 32,000,000.00
10 Farmasi Farmasi 52,000,000.00
11 Teknik geologi Teknik Geologi 37,000,000.00

Non Eksakta

No Fakultas Program Studi DP
1 Hukum Ilmu Hukum 42,000,000.00
2 Ekonomi 1. Akuntansi
Kelas Bahasa Indonesia 52,000,000.00
Kelas Bahasa Inggris 57,000,000.00
2. Manajemen
Kelas Bahasa Indonesia 47,000,000.00
Kelas Bahasa Inggris 52,000,000.00
3. Ek. Pembangunan
Kelas Bahasa Indonesia 47,000,000.00
Kelas Bahasa Inggris 52,000,000.00
3 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1. Ilmu Adm. Negara 24,500,000.00
2. Hub. Internasional 32,000,000.00
3. Kesejahteraan Sosial 14,500,000.00
4. Ilmu Pemerintahan 24,500,000.00
5. Antropolgi Sosial 14,500,000.00
6. Ilmu Administrasi Niaga 24,500,000.00
7. Sosiologi 14,500,000.00
4 Sastra a. Sastra Indonesia 12,000,000.00
b. Sastra Daerah/ Sunda 12,000,000.00
c. Ilmu Sejarah 12,000,000.00
d. Sastra Inggris 17,000,000.00
e. Sastra Prancis 12,000,000.00
f. Sastra Jepang 17,000,000.00
g. Sastra Rusia 12,000,000.00
h. Sastra Jerman 12,000,000.00
i. Sastra Arab 12,000,000.00
5 Ilmu Komunikasi 1. Ilmu Komunikasi 42,000,000.00
2. Ilmu Perpustakaan 27,000,000.00

41 thoughts on “Biaya Kuliah di Unpad Melalui Jalur SMUP

  1. yuli setiawati

    Ya alloh mahal amat . . .
    Padahal pingin bgt kuliah di unpad .
    Ada lagi gak selain jalur bidik misi sma smup
    Dan ada gak unpad yang swastanya klo ada itu gmna biaya ya lbih mahal dari negri atau gimana

  2. yuli setiawati

    Ya alloh mahal amat . . .
    Padahal pingin bgt kuliah di unpad .
    Ada lagi gak selain jalur bidik misi sma smup

  3. irwan

    mas batas akhir pembayaran registrasi smup itu kan jatuh pda tnggal 26 juli…
    saya di jadwalkan pada tgl 19 juli..
    gpp kah klau terlambat soalx saya nyampe di bandung pda tgl 24 juli mas.
    bisa aja kah itu kalau terlambat?

  4. vivisisvi

    wohooooooooooo!!!
    OMG … gini yah mahalnya biaya pendidikan jaman skg!
    jangan putus asa dan tetap semangat ^o^

  5. anita

    pngen bgt ke FKG tapii ya ampun mahal, belum biaya hidup.. mana peluang msuknya juga kecil..

  6. siska

    Kalau dri ips bisa gk msuk smup ke keperawatan ???

  7. aku

    Untuk smup mahal sekali, yg jalur snmptn juga mahal-__- meningan aku buka usaha kecil2an..

  8. eric

    Wah… 😮 kok mahalnya minta ampun gitu yah?
    Itu dana pengembangan (dp) bisa di angsur/dicicil pas masa kuliah gak mas?
    Kalo 52.000.000 buat masuk di Unpad, berarti sama aja biaya kalo mau study ke kairo lah ya! -___-
    Mohon info dan balasannya yg lebih rinci yah mas/mba, thanks.

  9. budiman

    mahal euy,..rek sakola kudu boga duit gede,

  10. sera

    untuk kedoktera gigi memang segitu yah?
    kira” kalo jurusan SMK bisa ditrima gk yah di jur kedokteran gigi ??

  11. yan

    aduh gimana atuh klo anak PNS ga kbayar atuh kuliahnya

  12. AULIA

    ka, dana pembangnan (DP) bisa di anggsur apa tidak??

  13. AULIA

    ass.
    ka emng ada berapa jalur untuk mask ke unpad tolong jelaskan ya serinci2’a. ok tx. mohon di jawab.

  14. cycy

    biaya keseluruhan smpe d3 brapa ea???mohon balasan dan rinciannya

  15. kian

    klo buat FIKOM S1 UNPAD DPP Minimumnya kan 4 jta itu lewat smupnya kan ?? klo seandanya lulus di SNMPTN Udngn maupun tertulis itu kra2 apa masi gtu biayanya ???

  16. anisya

    bayar uang kuliahnya mesti disekaligusin segitu???

  17. pariwisata

    universitas terbaik yogyakarta 2012
    hxxp://blog.umy.ac.id/pariwisata/universitas-terbaik-yogyakarta-tahun-2012/

  18. rahmi mar'atush solihah

    lumayan mahal yah 🙂 tapi saya ingin sekali masuk unpad

  19. fadhil

    selalu kedokteran yang menjadi termahal tidak ada yang mengalahkan, sungguh beruntung orang2 yg mempunyai anak dengan penghasilan ekonomi tinggi,,pasti tidak berfikir 2 kali untuk masuk, niat mengabdi setelah lulus, malah bisa bisa menjadi orientasi uang uang dan uang, semoga para pemimpin2 yg ada lebih bijak dalam memberikan kesempatan bagi mereka yang berprestasi dan tidak mampu dari segi ekonomi, terutama bagi yang berada di daerah untuk membangun derajat kesehatan masyarakat

  20. begotsa1 Post author

    tenang… pemerintah menyediakan banyak beasiswa… jadi bisa kuliah gratis dan dapat beaya hidup lagi… misalnya melalui bidik misi

  21. halma

    Ya Allah gmn anak indon mau pd pinter ini sih buah yg kaya yg miskin jd kenek mobil aja enggak usah ngimpi kuliah oh indonesia

  22. capriedo

    aduh..mahal bangets ptn teh.. anak pns bisa ga kuliah di PTN????? kasiannnn deh

  23. rya

    mahal kali biayanya 🙁 gak jadi ni masuk unpad kayaknya

  24. arya

    Biaya per semester mulai semester 2 dst pada semua jurusan adalah 2 juta/semester flat, itu sudah termasuk praktikum dll. Biaya2 pada tabel di atas adalah biaya yang harus dibayarkan bagi yang melalui jalur mandiri (SMUP) pada semester , sedangkan bagi yang masuk melalui jalur negara (SNMPTN) biaya yang harus dibayarkan untuk semua jurusan pada semester 1 adalah 6 juta.

  25. YANAH

    biaya per semesternya brpa ya ?? trus selain itu ada biaya apa lagi ? (kya smcam uang praktek gtuh.. tlg di reply dong…. bnyak yg nanya tuh

  26. Dinda

    biaya kan tergantung kita pilih jalur mana kan, kalau itu jalur SMUP atau jalur Mandiri???? tolong infonya lagi yaa….

  27. rachel

    2 juta itu uang kuliahnyaa?????

  28. PINO

    wew…
    sgitu bnyak harus pake uang smw y???

  29. zen

    aslmkm. ka, mo tanya. klo biaya BPP tu udah termasuk biaya keseluruhan per semesternya blum ya? klo blum, tolong lampirin perinciannya ya. thx.

  30. nur

    wuh..wuh..

    PTN 2 kok makin mahal ya..
    makin Kapitalis aja… bisa2 anak2 miskin negeri ini dilarang kuliah euy…

  31. Yuli Rahmi

    waw..naudzubillaah..
    itu semua harus uang..??

  32. Nabilla Mulia

    itu beneran gak bisa dicicil?? pelunasan nya pas daftar ulang gitu?? mohon infonya..
    terimakasih sebelumnya

  33. rosalina

    gag jadi ckula dstu akh…negri kok mahal amat ya????

  34. yan mulyana

    naek teruuuuss!!!!
    teerus naeeeekkkk!!!!

  35. begotsa1 Post author

    ya, sekolah emang mahal sekarang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.