Pertanyaan seperti judul diatas seringkali dipertanyakan oleh siswa. Pertanyaan lain juga, misalnya di FISIP jurusan apa yang bagus? Mana yang lebih bagus antara ekonomi UNPAD dan FMIPA ITB? Saya lebih baik masuk Ilmu Kesejahteraan UNPAD atau FK di PTS?

Wah bingung juga ngejawabnya. Kalo ukurannya kesejahteraan atau materi dimasa depan juga susah dibuat polanya. Faktanya, ada teman yang alumni STEI ITB jadi pengangguran, ada alumni jurusan peternakan yang kerja di PMA dengan gaji hampir seratus jutaan. Bahkan ada tetangga yang hanya lulusan SMA jadi pengusaha kaya raya.

Trus yang menjadi acuan apa? Menurutku ya apa yang benar2 diinginkan siswa. Ini berasal dari pengalaman curhat siswa yang DO dari ITB karena setelah masuk dijurusan tertentu ternyata mata kuliah yang dipelajari tidak sesuai dengan minatnya. Biasanya kalau dari awal siswa sudah tau apa yang mereka inginkan, setelah menjalani kuliah ya enjoy dan mampu berbicara banyak. Intinya bisa jadi yang terbaik..

So, jurusan apapun jika dapat jadi yang terbaik akan memudahkan dalam mencari pekerjaan (itupun kalo parameternya finansial). Berarti, jurusan apapun ya jadi terbaik, yang penting sesuai dengan skenario pingin jadi apa dimasa depan.. Pilihlah jurusan sesuai dengan cita-cita nantinya.. Begin From the ENd..