Seringkali dalam obrolan santai dengan siswa sering ditanya, bagaimana cara belajar biologi yang benar? Bagaimana cara memahami materi pelajaran agar tidak cepat lupa? Mengapa saya sulit mengerti ketika belajar? Dan banyak pertanyaan lain seputar cara yang paling efektif menyerap materi pelajaran.

Perlu dipahami bahwa setiap orang bersifat unik dalam proses menyerap materi pelajaran. Tidak bisa kita memaksakan cara kita paling efektif untuk proses belajar. Berbekal dari pengalaman mengajar dan membaca buku-buku tentang bagaimana otak bekerja, cara belajar efektif  dapat disimpulka:

1. Runut
Usahakan belajar materi pelajaran dari topik / materi termudah terlebih dahulu. Biasanya materi pelajaran disusun dengan pola seperti itu. Bahkan tidak jarang, untuk memahami materi tertentu harus mengerti materi lainnya. Jika merasa perlu, tanyakan ke guru atau tentor di mana Anda belajar, mana sebaiknya materi yang perlu dikuasai terlebih dahulu.
2. Tau Istilah
Setiap belajar suatu materi pelajaran, biasakan mulai dengan definisi. Dari judul bab, sub bab, atau ada istilah dalam materi tersebut. Jika perlu definisi istilah dalam materi pelajaran, tulislah di area khusus dalam lembar buku dengan spidol berwarna. Ini membantu Anda mengingat istilah tersebut. Tulisan berwarna biasanya melibatkan emosi dan mudah dikenali otak, terutama otak kanan, sehingga memudahkan Anda dalam proses mengingat kembali.
3. Tau Bendanya
Ada 3 tipe orang dalam menyerap materi pelajaran, yaitu visual, audiotorial, dan kinestetik. Tetapi, pada umumnya orang mempunyai tipe visual, disamping tipe lainnya. Olehkarenanya, menyertakan gambar atau video dalam proses belajar akan memudahkan memahami materi pelajaran. Manfaatkan gambar yang ada dalam buku-buku atau majalah, dan jika perlu gambar dari ensiklopedia atau internet.
Selamat Mencoba!!..
wap2qg7bn3