Ketika krisis Global menghatam dunia, maka tidak terkecuali Indonesia terkena dampaknya. Mata uang rupiah anjlok dan perekonomian Indonesia diambang kengerian. Untungnya krisis yang dimulai t ahun 2008 ini tidak separah tahun sepuluh tahun lalu (1998), dan meskipun tertatih-tatih, Indonesia masih dalam kategori “selamat”.  

Namun, akibat krisis, PHK ribuan tenaga kerja telah dilakukan. Beberapa perusahaan asal jepang seperti Honda, Suzuki, dll di Indonesia menurut banyak sumber sudah mengurangi produksinya serta mengurangi (baca = merumahkan) tenaga kerja kontrak. Melimpahnya pengangguran inilah, berdampak pada pencarian peluang yang diantaranya bisnis online.

Banyak peluang bisnis online, diantaranya PTC (paid to click, afiliasi dengan perusahaan top dunia seperti amazon, mempunyai toko online menjual produk tertentu, menual e-book melalui website, forex trading, resseler website milik orang lain, jual beli domain, dan masih banyak lagi yang lain. Tetapi apapun yang dipilih, bisnis online mempunyai kesamaan dengan bisnis-bisnis yang lain, yakni tidak dapat diraih secara instan. Kabar baiknya, bisnis online dapat dilakukan dirumah dan dengan modal yang pas-pasan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis online? Jika Anda mau merintis bisnis online, ada hal-hal yang perlu dilakukan:

  1. Punya mimpi yang kuat. Bisnis ini seringkali hanya bermodal dengkul, jadi tanpa punya mimpi kuat sulit untuk sukses, karena orang banyak berfikit nothing to lose.
  2. Mau belajar. Terlebih buat kita yang bukan web master, sehingga perlu investasi buku-buku dan browsing tentang bisnis online.
  3. Menyiapkan alat perang, berupa rekening bca (minimal, karena rekening ini banyak digunakan pebisnis online), kartu kredit terutama untuk transaksi internasional, dan paypal.

Mulailah belajar bisnis online yang sederhana dulu seperti PTC dan resseler, kemudian melangkah ke bisnis lainnya.