Anda yang sering buka blog ini tentu ngga asing dengan tayangan iklan di sebalah kanan blog. Iklan-iklan tersebut berasal dari biro iklan (kalo boleh disebut gitu) yang diantaranya dari kumpulblogger.com. Konversi iklan model ini ditentukan oleh banyaknya klik yang dilakukan oleh pengunjung. Dan setiap kliknya diberi harga Rp 300.

Kecil memang, tapi Anda musti ingat jika pengguna internet di Indonesia sudah jutaan. Jika web Anda perharinya dikunjungi oleh 1juta pengunjung (trafik) dan yang tertarik dengan iklan tersebut 5%nya aja berapa duit yang bisa dihasilkan dari pendapatan adsense tersebut.  Tentunya mendatangkan traffik hingga 1 juta perhari tidak mudah, dibutuhkan ilmu SEO (search Engine Optimation) yang handal, termasuk update terus-menerus terhadap content. Itulah seninya..

Bukanlah promosi, saya tadinya tidak percaya jika adsense bisa menghasilkan uang (riil lo). Lama tidak melihat rekening, dan ternyata bertambah dengan sendiri, dan usut punya usut dari adsense yang saya ikuti.. Tertarik? kenapa ngga mencoba sembari belajar seo..