Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU) SNMPTN 2009

By | 22/03/2009

Panitia Pelaksana SNMPTN menyediakan Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU) dalam jumlah yang terbatas untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK Negeri maupun Swasta dari keluarga yang secara finansial kurang mampu yang memenuhi persyaratan. Beasiswa tersebut berupa :

1.       Biaya untuk pembelian Formulir Pendaftaran IPA/IPS dan;

2.       Uang saku sebesar Rp250.000,00 untuk mengikuti ujian SNMPTN.

Calon peserta dapat mendaftarkan diri untuk memperoleh BMU melalui Kepala Sekolah masing-masing dengan syarat, membawa:

1.       Surat keterangan dari RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan yang menerangkan bahwa calon perserta benar-benar tidak mampu namun berprestasi.

2.       Surat keterangan mengenai pekerjaan orang tua.

3.       Surat keterangan mengenai penghasilan orang tua.

Kemudian Kepala Sekolah yang akan melakukan seleksi terhadap calon peserta yang berhak menerima BMU. Info diambil dari website resmi snmptn.

45 thoughts on “Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU) SNMPTN 2009

  1. jamiah

    Kepada Bapak\Ibu yang terhormat,, saya penerima beasiswa BMU 2008, baru sekali menerima dana tersebut, pertengahan semester 2 lalu. sekarang saya sudah duduk di semester5 Universitas negri medan. dan saat ni saya sangat butuh dana untuk perkuliahan saya.. sampai saat ini belum ada kabar dari pihak Universitas tentang keberadaan beasiswa tersebut.

    yang ingin saya tanyakan :

    1. Apakah beasiswa itu masih dilanjutkan??

    2. IP semester 1 saya pas-pas an saja, tidak tinggi.
    Apakah hal itu bisa menyebabkan gugurnya BMU yang saya peroleh?

    teman sekelas saya yang juga mendapatkan BMU, juga mengeluhkan hal yang sama dengan saya, padahal IP nya selalu tinggi, tidak pernah rendah tiap semester.

    Bapak\Ibu yang terhormat, harap pertanyaan saya di jawab dan kalau bisa dikirim ke alamat email saya (annida.akhwat@yahoo.co.id)

    Saran saya, jangan melihat dari IP saja, tapi dari ilmu. IP tinggi tidak menjamin seseorang menguasai ilmu di bidangnya.

  2. INDAH PRATIWI

    Saya mahasiswi Universitas Airlangga penerima BMU DIKTI 2009.
    Saya mendapat informasi dari pihak rektorat bahwa BMU DIKTI 2009 cukup hanya sampai 1 semester saja. Tetapi saya mendapat info dari guru SMA saya bahwa BMU DIKTI diberikan kepada siswa SMA/SMK/MA Yang tidak mampu dan ingin melanjutkan pendidikan ke PTN dengan dana sebesar 5 Juta/tahun.
    Tetapi saya baru mendapatkan 2.5 Juta rupiah yang diperhitungkan 1 semester saja.
    Bagaimana dengan kebenaran informasi yang sebenarnya?
    Saya meminta kejelasan informasi BMU 2009 Ini

  3. INDAH PRATIWI

    Saya mahasiswi Universitas Airlangga penerima BMU DIKTI 2009.
    Saya mendapat informasi bahwa BMU DIKTI 2009 cukup hanya sampai 1 semester saja. Tetapi saya mendapat info dari guru SMA saya bahwa BMU DIKTI diberikan kepada siswa SMA/SMK/MA Yang tidak mampu dan ingin melanjutkan pendidikan ke PTN dengan dana sebesar 5 Juta/tahun.
    Tetapi saya baru mendapatkan 2.5 Juta rupiah yang diperhitungkan 1 semester saja.
    Bagaimana dengan kebenaran informasi yang sebenarnya?
    Saya meminta kejelasan informasi BMU 2009 Ini

  4. cici

    aslm…

    saya penerima BMU TAhun 2009,,,mau nanya,BMU itu buat 1 semester atau 2 semester? jumlahnya 2,5 juta atau 5 juta..?

    terima kasih

  5. adit

    bmu itu programnya buat 2 semester ato cm 1 semester?untuk taun 2009 jumlahnya 2,5 juta ato 5 jt?
    terima kasih

  6. kania puru hitasari

    mau tanya,kapan spmb di universitas pendidikan indonesia diadakan???

  7. yeti

    mau tanya kapan hasil seleksi BMU akan dikirim?

  8. syifa nurul lutfiani

    kepsek harus ngirim kemana?

    NB: KEMANA, berarti jawabnya tempat ya pa!

  9. Andini

    Assalamu’alaikum…
    Saya mau nanya kalo BMU itu hanya untuk dapet formulir snmptn dan uang saku aja???
    Kalo untuk biaya kuliah gimna,,, di tanggung BMU ga???
    Mohon di jawab…
    Makasih

  10. Andini

    Assalamu’alaikum…
    Saya maun nanya kalo BMU itu hanya untuk dapet formulir snmptn dan usng saku aja???
    Kalo intuk biaya kuliah gimna,,, di tanggung BMU ga???
    Mohon di jawab…
    Makasih

  11. alfian

    kapan ya turun beasiswa bmu nya kok ga da kabar
    apa yang dulunya ga da didaftar anak yang memperoleh bmu 2009 tapi sudah masuk ke universitas bisa mendapatkan beasiswanya juga….?

    terima kasih jawabannya

  12. begotsa1 Post author

    Halo dhiestya..
    BMU (beasiswa mengikuti ujian) di usulkan oleh kepala sekola SMA masing2.. Persyaratannya adalah keterangan tidak mampu dari pemerintahan setempat (RT, RW dan kepala desa).. Coba sering kunjungi ini karena jika ada info selalu saya sampaikan di web ini.. Selamat ya dhiestya

  13. dhiestya c

    selamat pagi, saya dhiestya dari SMA 1 Pare. Kediri ingin menanyakan syarat2 BMU Apa saja?

  14. lestari

    Saya adalah penerima BMU dan saya lulus SNMPTN dan diterima di UI. Sampai saat ini saya belum mengambil uang yang sebesar Rp 2.500.000 itu, karena saya tidak tahu harus mengambil uang tsb dimana. Tolong kasih tau dimana saya bisa mengambil uang tsb. Trima kasih..

  15. rinda

    saya penerima BMU, dan saya juga sudah lulus SNMPTN
    di surat edaran kan penerima BMU akan mendapat bantuan uang tunjangan dan SPP selama 1 semester.
    Bagaimana untuk mendapatkan uangnya????
    tolong bantu ya,
    makasih

  16. begotsa1 Post author

    bua LeeA wajar dong ngg lulus, karena beda acaranya. BMU = Beasiswa Mengikuti Ujian.. Peserta BMU tidak mutlak lulus SNMPTN..

  17. leeA

    kmaren di koran tgl 1, da berita bahwa peserta snmptn yang juga peserta penerima BMU ada yang tidak lolos snmptn sehingga harus membatalkan BMU-nya kira2 971 psrta ya…dari 2000 psrta BMU..
    so,,

    apa ada penyerapan/daftar ulang lagi bg pserta snmptn yang lolos yang belum mengikuti progran BMU kemaren????

    plis kasi tw cara daftarny lok ada pendataan ulang…

    masi banyak para calon mahasiswa yang membutuhkan uluran tangan dr pemerintah.

    masukan saya, tolong dilakukan pendataan ulang agar uang yang tlah disediain pem yang M2-an itu bisa dipake bwt nak indo yang berprestasi,,pingin kul,,tp ga mampu..

    lalu,,kalau bisa, tidak usah melibatkan pihak sekolah saja,,sungkan,,udah bolak balik ksana legalisasi,,,
    mungkin lewat pihak univ, tmpt dmana calon mahasiswa itu lolos..
    dengan daftar ulang sendiri,,
    lewat email gitu..
    ta opo..
    ato pemerintah sudah bwt policy bwt mengatasi ketidakterserapnya BMU..
    tolong hub.saya di email yang tlh saya cantumkan..

    atas perhatiannya,,3mkaci…
    wassalam…

  18. za

    Pengumuman udah ada di website snmptn

  19. IBNU HAMDUN

    Assalamu’alaikum wr wb
    maaf sebelumnya . . .
    Kepada panitia BMU SNMPTN 2009
    saya perwakilan dari SMAN 1 Sepatan
    ingin menanyakan tentang pengumuman hasil penyeleksian BMU SNMPTN 2009 kapan mulai diumumkan?
    sedangkan pendaftaran SNMPTN sudah dibuka pd tgl 1 juni 2009
    dan saya ingin tahu siapa saja yang tidak masuk dan juga masuk dalam penyeleksian BMU SNMPTN 2009 tersebut ?

  20. ayu

    assalamualaikum

    bagaimana caranya untuk mengikuti program BMU ini,sedangkan di sekolah saya belum pernah mendengar ada baesiswa BMU?? dan dimana saya bisa mendapatkan formulirnya? pendaftarannya di tutup sampai kapan?

    terimakasih
    wassalam

  21. PiPing

    Assalamualaikum

    kira kira pengumuman Penerima BMU 2009ni Kapan ya? dan lihat dimana?

    terimakasih atas jawabannya

    Wassalamualaikum

  22. Dimas Septian

    Assalamualaikum.wr.wb
    pak,kira2 pengumuman BMU ini kapan ya?
    Terima Kasih..
    Wassalamualaikum.wr.wb

  23. Dimas Septian

    Assalamualaikum.wr.wb
    pak,kira2 pengumuman BMU ini kapan ya?
    Terima Kasih..

  24. begotsa1 Post author

    Halo frenky, tuk seleksi biasanya dipasrahkan sepenuhnya ke kepala sekolah. Coba ge di tanya kepseknya.. Selamat ya..

  25. fRenKy LewiS

    `maT Pagi…

    SaYa fRenKy LewiS,dR SMAN I Berastagi
    mo nanyak niH..

    hasil seleksi-a dr skull msg2 brp orG seH?

  26. enok

    saya dari Tanjungsari. . .
    saya minta daftar nama penerima BMU 2009 donk

  27. ARIS SUNANDAR

    apakah dalam memperoleh beasiswa BMU harus ikut seleki di pusat dan biasanya hasilnya kapan?makasih

  28. begotsa1 Post author

    BMU = beasiswa mengikuti ujian. Jika keterima di pt bisa mengajukan lagi beasiswa. masing2 pt banyak sich beasiswanya. seperti itb ada itb untuk semua, yang mengcover biaya kuliah, riset dan biaya hidup.. enak khan.. yg penting jadi anak pintar..

  29. pandhita

    ass…
    saya mau tanya..
    kalau sudah diterima di PT nanti dapat biaya pendidikan berapa….?

  30. chitra

    Batas pendaftaran BMU sampai tanggal berapa.?

    sarat-saratnya apa saja.?

  31. sujud susila saputro

    trimakasih atas informasinya.sekolah sebelah saya itu formulirnya masih sisa untuk satu calon penerima bmu, dari pada mubadzir apakah bisa saya gunakan? kalo bisa apakah saya kirimkan melalui kepsek skolah saya ato sekolah yang memiliki formulir tersebut?

  32. sujud susila saputro

    Bp/ibu yang terhormat, saya sujud smk negeri 2 sragen,saya ingin mengikuti program bmu, tetapi dari pihak sekolah, saya konfirmasi katanya belum pernah ada undangan sama sekali dari pihak panitia snmptn
    bahkan sejak smk saya berdiri belum ada sama sekali, saya mohon dengan sangat, bp/ibu mendaftarkan sekolah saya menjadi salah satu sekolahan yang mendapat bmu

  33. supri

    kemana formulir itu diserahkan ( saya dicirebon )

  34. begotsa1 Post author

    info batas akhir tidak jelas dik.. maap2x. kalo tahun 2008 lalu sekitar bulan maret dan tersedia 4000 penerima, tapi yang mendapatkan 2000. coba adik hunting (browsing) di internet atau tanya ke panitia snmptn beralamat di
    Panitia Pelaksana SNMPTN 2009 Gedung D Lantai 2, Depdiknas Jl. Jend. Soedirman, Pintu I Senayan Jakarta
    coba juga hubungi kepala sekolah.
    Sekali lagi maap tidak bisa membantu banyak.

  35. Shyka

    ka,,paling lambat pengajuan beasiswa ini sampai tanggal brapa y??

  36. begotsa1 Post author

    wah udah ketentuan dari pemberi BMU. Coba nanya ke sekolah, adakah contact person dari BMU yang bisa dihubungi..? kalo ia, ntar adik menghubungi langsung aja. moga membantu.

  37. lia

    kak,klo daftar gak lewat kepsek/sekolah bisa gak?soalnya saya bukan gak mampu dalam akademik tapi telat daftar…makasi yah!…ditunggu banget balasannya!!!!

  38. begotsa1 Post author

    biasanya yang kirim kepseknya, coba tanyain kepseknya.. sukses ya

  39. shandy

    kalo dah dari kepsek terus dikirim kemana yah surat pendaftarannya BMU???

  40. begotsa1 Post author

    Assalamu”alaikum..
    Siang juga Nurul. BMU (beasiswa mengikuti ujian) dapat dicek ke kepala sekolah MAN 1 Jombang. Pada dasarnya semua sekolah bisa mendaftarkan siswanya mmengikuti program BMU. Untuk Universitas, semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat dipilih oleh siswa yang mendapatkan yang mendapatkan BMU, karena tidak ada kaitannya dengan PTN yang dipilih. BMU hanya terbatas menyediakan dana untuk membeli formulir, uang saku selama ujian. Jadi nurul bisa memilih jurusan apapun yang nurul kehendaki. SUkses ya..

  41. nurul jamila

    selamat siang…
    saya siswa dari MAN 1 JOMBANG yang akan mendaftar menjadi peserta BMU SNMPTN…

    saya Mau tanya,
    apakan sekolahan saya sudah mendapatkan formulir tersebut?
    dan apakah di sekolah saya trmasuk dapat mengikuti BMU?

    universitas mana saja yang menyediakan BMU???
    Dan apakah yang menentukan jurusanya itu kita sendiri atau dari pihak BMU?

    Terima kasih, dan tolong di bales secepatnya..
    besar harapan saya agar bisa mengikuti seleksi BMU…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.