Cita-cita membuat toko virtual kesampaian sudah. Setelah belajar sana-sini dan menggunakan berbagai cms gratisan seperti jomla yang dikombi dengan virtumart, drupal dan terakhir wordpress. Capek memang, karena sering coba-coba dikomputer lokal sehingga aktivitas instal dan uninstall sering dilakukan, sehingga tidak jarang mengurangi jatah tidur..

Pada akhirnya membuat keputusan yang harus diambil dan Yes saya menemukan cara praktis dan tidak menggunakan space besar, yakni cms wordpress. CMS ini memang paling powerfull diantara cms lainnya. Bukan hanya kelebihan bundle gratisnya, tetapi tidak memakan ruang, kekuatan plugin serta seo friendly. Persiapan dilakukan mulai beli domain di hosting kesayangan dan hingga instalasi dan jreng.. dari jam 21 malam dikerjai kelar jam 5 pagi.. Lamanya ini terjadi, karena saya tidak instalasi dikomputer lokal dulu terus diupload ke server, tetapi semua instalasi dan editing langsung di database server, sehingga sangat dipengaruhi dengan kecepatan akses. Untungnya Nyonya fantastico delux di kontrol panel yang sangat membantu, sehingga toko online bisa ada..

Belum sempurna memang, tetapi arsitektur toko yang memasarkan produk kreatif media pembelajaran ini sudah mumpuni. Paling tidak 2 hari setelah dibuat dan jreng… sudah terindex di google, meski belum di seo dan blogwalking ke web sahabat. Ya jika penasaran hasilnya ya langsung ke TKP