begotsantoso.com

Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik..

Archive for October, 2009

Free Download mp3 Biologi

Setiap orang unik dalam menerima materi pelajaran. Oleh karenanya metode pengajaran tertentu bisa saja hanya cocok pada siswa tertentu pula dan tidak cocok pada siswa lainnya. Tetapi dari hasil penelitian, siswa akan sangat mudah menerima / menangkap materi pelajaran sesuai gaya belajar yang dimilikinya.

Salah satu gaya belajar yang dimiliki oleh siswa adalah auditorial, yakni menerima materi pelajaran Biologi dengan cara mendengarkan. Olehkarenanya, untuk menunjang dalam penerimaan materi pelajaran, bagi adik-adik SMA, atau teman sejawat yang mengajar Biologi, yang mempunyai gaya belajar auditorial, Anda semua dapat mendownload materi pelajaran Biologi dalam format mp3 melalui web disini.

Materi Biologi meliputi dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 SMA. Semoga keberadaan mp3 tersebut bisa membantu.. Sukses

Download soal UN dan TO Online Gratis

Mungkin bagi Anda yang sering berkunjung di blog ini, tanpa sadar di sidebar ada banner tentang try out online dan download soal gratis. Banner itu dilinks kan ke website dari lembaga pendidikan dimana Saya bekerja. Fasilitas TO online dan download soal gratis itu memang betul adanya.

Bagi Anda yang membutuhkan soal UN dari jaman “baheula” (baca tahun dodol), sampai soal UN terbaru bisa Anda dapatkan web tersebut. Dan juga dalam proses download, Anda tidak dipusingkan dengan perangkat keamanan spam, seperti mengetikkan kode tertentu jika file yang akan di download disimpan di file hosting seperti ziddu, dan lain-lain. Tapi, file-file soal UN di simpan di server web, dan bahkan terbagi-bagi dalam beberapa server, sehingga proses download supercepat.

Bagi Anda yang ingin berlatih atau uji coba mandiri, Anda bisa memanfaatkan fasilitas TO online di web yang sama. Dalam server ada 10ribu soal lebih yang siap Anda gunakan untuk menguji kemampuan, karena dalam TO online tersebut sudah disertakan waktu tertentu, dimana waktu dibatasi, yakni 3 menit per soal. Jika waktu habis atau Anda menyatakan sudah selesai mengerjakan semua, maka langsung ada nilai Anda dalam persen.

  • Download soal UN SD, SMP dan SMA (tahun dodol sampai dengan sekarang) klik disini
  • Try out (TO) Online, klik disini.

Selamat mencoba..

Seleksi Masuk (SIMAK) UI 2010

UI (Universitas Indonesia) membuka pendaftaran penerimaan siswa baru melalui program Seleksi Masuk (SIMAK) UI untuk tahun ajaran 2010-2011. Adapun informasinya sebagai berikut:
– Pendaftaran (secara online) : tanggal 18 januari sd 26 februari 2010.
– Pelaksanaan ujian dilakukan 14 Maret 2010, sedangkan
– Pengumuman dilakukan pada tanggal 24 April 2010.

Jenjang kuliah pada SIMAK UI, dari mulai vokasi, sarjana reguler, sarjana kelas paralel, sarjana KKI, profesi, magister gelombang 1 dan program doktor gelombang 1. Informasi selengkapnya klik disini.

  • 4 Comments
  • Filed under: Seleksi PTN
  • Beasiswa USM ITB 2010

    Saya sering ditanya oleh siswa atau orang tua siswa baik secara langsung atau by sms tentang kesempatan untuk mendapatkan beasiswa selama kuliah di ITB. Ini tak lepas dari sebagian siswa dan orang tua siswa malas atau mungkin tidak sempat untuk membuka webnya ITB. Padahal ITB, baik informasinya dari web atau secara langsung dari ITB, seringkali mengemukakan bahwa kuliah di ITB banyak juga beasiswanya. Bahkan menurut pembantu rector (Bapak Adang), dalam berbagai kesempatan melakukan press release bahwa ada banyak beasiswa yang hingga mahasiswa baru sudah aktif kuliah belum terserap semua. Ini menunjukkan bahwa peluang mendapatkan beasiswa kuliah di ITB sangatlah terbuka.

    Menurut website resmi ITB, tujuan dari pemberian beasiswa kuliah di ITB adalah : (1) mendorong kemajuan studi mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu, (2) mendorong meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik, (3) penghargaan atas prestasi dan dedikasi pada pendidikannya, dan (4) menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat umum.

    Seorang mahasiswa ITB dapat menerima beasiswa karena kekurangmampuan ekonominya, atau prestasi yang diraihnya selama mengikuti pendidikan di ITB. Untuk jenis beasiswa ekonomi, mahasiswa pemohon beasiswa harus berasal dari keluarga yang kurang mampu, dengan melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh lembaga yang berwenang. Sedangkan jenis beasiswa ekonomi yang ditawarkan oleh ITB dapat berupa Beasiswa Biaya Hidup, Beasiswa Biaya Pendidikan (bebas BPP), Beasiswa Tugas Akhir, dan/atau Beasiswa Pondokan.

    Selain itu, ITB juga memberikan Beasiswa Penghargaan. Beasiswa ini merupakan penghargaan ITB atas prestasi yang telah dicapai mahasiswa, baik prestasi kurikuler maupun prestasi ekstra dan kokurikuler. Beasiswa ini diberikan kepada lulusan TPB terbaik (10 mahasiswa), mahasiswa peraih Indeks Prestasi (IP) tertinggi (untuk setiap program studi, diberikan kepada 1 orang mahasiswa di tingkat 2 dan 1 orang mahasiswa di tingkat 3), mahasiswa berprestasi utama (mahasiswa dengan IPK > 3,0 dan berprestasi menonjol dalam kegiatan ekstrakurikuler /kokurikuler), dan Beasiswa Karya Ilmiah, bagi mahasiswa yang melakukan penelitian atau memiliki karya ilmiah/karya profesional.

    Untuk dapat memperoleh beasiswa, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa pemohon beasiswa, yaitu :
    1.  Mahasiswa ITB yang terdaftar pada semester yang sedang berjalan
    2.  Tidak terkena kasus/sanksi akademik, maupun sanksi administrasi dari ITB
    3.  Mengikuti prosedur yang berlaku di ITB
    4.  Memenuhi persyaratan dan lolos seleksi penilaian
    5.  Bersedia mengikuti ketentuan yang diminta oleh pemberi beasiswa
    6.  Khusus untuk jenis beasiswa ekonomi, mahasiswa pemohon harus melampirkan surat keterangan tidak mampu, dilengkapi dengan surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh lembaga yang berwenang

    Pada tahun ajaran 2010-2011, pelaksanaan program KN-ITB , serta USM-ITB, baik USM Daerah maupun USM Terpusat, ITB menawarkan beberapa jenis beasiswa:

    Beasiswa Program Jalur Uji Calon Peserta
    Ekonomi Lemah
    (BPM)
    (USM ITB Terpusat) Sains & Teknik, Seni Rupa & Desain Pelajar Ekonomi Lemah, dengan penghasilan masing-masing orang tua tidak melebihi gaji PNS gol. II
    Biaya Pendidikan
    (BPM & BPP)
    USM-ITB  Daerah & USM-ITB Terpusat Sains & Teknik, Seni Rupa & Desain, Bisnis & Manajemen Pelajar Ekonomi Lemah, dengan penghasilan total keluarga dibawah UMR
    Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup

    (BPM & BPP)

    USM-ITB di Daerah & USM-ITB Terpusat Sains & Teknik, Seni Rupa & Desain, Bisnis & Manajemen Pelajar Ekonomi Lemah, dengan penghasilan total keluarga dibawah UMR
    Minat
    (BPM)
    KN-ITB,

    USM-ITB  Daerah & USM-ITB Terpusat

    Sains & Teknik Peminat program studi tertentu yang kurang dikenal masyarakat, meskipun keahliannya sangat diperlukan di pasar kerja nasional maupun global, yaitu: Astronomi, Oseanografi, Meteorologi, dan Teknik Metalurgi
    Olimpiade
    (BPM)
    USM-ITB  Daerah & USM-ITB Terpusat Sains & Teknik Peraih medali (min. perunggu) di salah satu Olimpiade Keilmuan tk. Nasional, atau peserta Olimpiade Keilmuan tk. Nasional yang diundang untuk mengikuti PMBP-ITB
    Peraih Medali Emas OSN
    (BPM)
    Bridging Program Sains & Teknik Peraih medali  emas di salah satu Olimpiade Keilmuan tk. Nasional yang bersedia mengikuti Bridging Program

    Dengan banyaknya beasiswa yang akan diberikan oleh ITB, artinya bahwa tidak ada alasan lagi siswa yang menggagalkan kuliah di ITB karena alasan biaya..

  • 15 Comments
  • Filed under: Beasiswa
  • Unpad untuk tahun ajaran 2010/2011 membuka pendaftaran Seleksi Masuk Unpad (SMUP) untuk program S2 (magister) dan S3 (doktor). Waktu pendaftaran dapat dilakukan secara online hingga tanggal 3 Nopember 2009. Bagi Anda yang berminat untuk melanjutkan program magister atau program doctoral di Unpad, dapat memanfaatkan mekanisme seleksi ini. Adapun fakultas yang menerima seleksi pada SMUP kali ini yakni, fakultas hukum, ekonomi, isip, sastra, peternakan dan kedokteran. Untuk program S2, selain fakultas-fakultas tersebut juga di fakultas, keperawatan, geologi, dan jurusan magister lingkungan. Informasi bagaimana proses pendaftaran dan kapan pelaksanaan seleksi klik disini

  • 6 Comments
  • Filed under: Seleksi PTN
  • Ujian Seleksi Masuk ITB (USM-ITB) 2010

    ITB pada tahun 2010 ini menerima mahasiswa baru melalui jalur Ujian Seleksi Masuk ITB (USM-ITB) Terpadu. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB terbagi dalam beberapa program seleksi, yakni

    • Program Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB (PMBP-ITB), atau dikenal dengan USM ITB yang terdiri atas : PMBP-ITB 2010 di Daerah, diselenggarakan ITB secara mandiri di beberapa kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Palembang, Balikpapan, Pekanbaru, Makasar, dll) pada bulan Maret 2010 dan PMBP-ITB 2010 Terpusat, diselenggarakan ITB secara mandiri, di kota Bandung, pada tanggal 29 dan 30 Mei 2010.
    • Program Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB), untuk menjaring calon mahasiswa terbaik yang diajukan oleh instansi-instansi mitra ITB (Pemerintah Daerah, Perusahaan Mitra ITB, Instansi Pemerintah lainnya)
    • Program Seleksi Mahasiswa Transfer ITB (SMT-ITB), bagi para mahasiswa transfer dari universitas mitra ITB yang ingin melanjutkan pendidikan program sarjana di ITB, dan diajukan oleh universitas asalnya.
    • Program Seleksi Mahasiswa Internasional ITB (SMI-ITB), bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di ITB.
    • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) , yang rencananya akan diadakan pada awal bulan Juli 2010, dilaksanakan oleh DITJEN DIKTI, DEPDIKNAS RI.
    • Jalur Beasiswa.

    Info lebih lanjut klik disini

  • 12 Comments
  • Filed under: Seleksi PTN
  • Inilah rangking perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia didunia terbaru versi webometric pada bulan juli 2009. World Class Universities (WCU) salah satu sistem pemeringkatan (rangking) yang dilakukan oleh lembaga Webometrics yang berpusat di Madrid, Spanyol. Kabar terkini dari lembaga ini, beberapa perguruan tinggi Indonesia seperti UGM, ITB dan UI masih merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Data rangking PTN selengkapnya di sini

    572 Universitas Gadjah Mada
    727 Institute of Technology Bandung
    1010 University of Indonesia *
    1080 Petra Christian University
    1126 Gunadarma University
    1617 Universitas Sebelas Maret
    1643 Airlangga University
    1849 Institut Teknologi Sepuluh Nopember
    2215 Bogor Agricultural University
    2590 Brawijaya University
    2685 Universitas Muhammadiyah Surakarta
    2779 Diponegoro University
    2791 Universitas Negeri Malang *
    2839 Indonesia University of Education *
    3017 Sekolah Tinggi Teknologi Telkom
    3058 Universitas Islam Indonesia
    3142 Universitas Padjadjaran
    3276 Universitas Mercu Buana
    3303 Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
    3446 Universitas Hasanuddin University
    3453 Universitas Udayana
    3468 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    3565 Atma Jaya Yogyakarta University
    3642 Universitas Jember
    3968 Yogyakarta State University
    4084 Universitas Lampung
    4220 Universitas Katolik Parahyangan
    4406 Universitas Paramadina
    4568 Universitas Sriwijaya
    4713 Bina Nusantara University
    4884 Universitas Sumatera Utara
    5051 Duta Wacana Christian University
    5109 Universitas Budi Luhur
    5274 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
    5495 Universitas Riau Beranda
    5900 Informatics and Computer College Stmik Amikom
    5943 Universitas Sanata Dharma
    5975 Universitas Negeri Semarang
    5996 Maranatha Christian University

    Musik dan Kecerdasan

    Beberapa hari yang lalu, Saya melihat disalah satu stasiun TV yang menceritakan bagaimana seorang Gita Gutawa bisa menjadi wanita monumental (atau anak-anak kali) yang di sekolahnya selalu “the best” serta menjelma menjadi sosok penuh bakat, dari memainkan alat music piano dan menyanyikan berbagai jenis lagu. Dalam ceritanya di acara yang mempunyai host serba bisa Farhan tersebut, diceritakan banyak hal, diantaranya perjalanan karir Gita Gutawa yang telah melanglang dibelahan eropa. Bahkan, atas prestasinya tersebut Gita gutawa mempunyai prestasi dan piala yang hampir menyamai ayahnya yang juga seorang maestro music, Ervin Gutawa. Tak lupa seorang Farhan pun mempertanyakan apa rahasianya mempunyai anak seperti Gita Gutawa? Dengan lugas jawabannya: “dari masih dalam kandungan selalu diperdengarkan musik”

    Apa hubungan musik dengan kecerdasan? Berdasarkan pengamatan pada sejumlah anak, para peneliti dari Universitas California menyimpulkan bahwa belajar musik pada usia dini dapat meningkatkan kecerdasan seperti kemampuan bernalar dan berpikir dalam jangka panjang. Hasil penelitian ini begitu menarik perhatian sehingga buku The Mozart Effect karangan Don Campbell (1997), begitu monumental .

    Menurut Ahli saraf dari Harvard University, Mark Tramo, M.D., getaran musik yang masuk melalui telinga dapat mempengaruhi kejiwaan, Ini terjadi karena didalam otak manusia, terdapat jutaan neuron dari sirkuit secara unik menjadi aktif ketika kita mendengar musik. Neuron-neuron ini menyebar ke berbagai daerah di otak, termasuk pusat auditori di belahan kiri dan belahan kanan. Mulai dari sinilah kaitan antara musik dan kecerdasan terjadi. Makanya tidak salah pada abad 19 seorang penulis di Inggris pernah berkata “Musik itu adalah nyanyian para malaikat”.

    Penelitian bagaimana pengaruh musik terhadap kecerdasan juga dilakukan oleh psikolog Fran Rauscher dan Gordon Shaw dari University of California-Irvine, Amerika Serikat pada tahun 1994. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa erat kaitan antara kemahiran bermusik dengan penguasaan level matematika yang tinggi, dan keterampilan-keterampilan sains. Setelah delapan bulan, penelitian kedua pakar ini menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan program pendidikan musik, meningkat inteligensi spasialnya (kecerdasan ruang) sebesar 46% dibandingkan dengan anak-anak yang tidak diekspos oleh musik.

    Bukan hanya sekedar kecerdasan spasial, musik juga meningkatkan kemampuan bahasa dan kosa kata anak serta logika yang pada akhirnya si anak mampu mengorganisasi ide dan mampu memecahkan masalah. Menurut ahli neuroscience dan penulis buku Early Childhood Connections: The Journal of Music and Movement-Based Learning, Dr. Dee Joy Coulter mengatakan, melalui kegiatan bermain dan mendengar musik, anak dapat memperoleh manfaatnya yang optimal.

    Berbagai tulisan dan penelitian tentang bagaimana pengaruh musik terhadap kecerdasan tidak terbantahkan. Adalah sebuah kewajiban bagi komunitas pendidikan yang konsen terhadap perkembangan otak anak mengintegrasikan dalam proses pembelajaran dengan mendengarkan musik. (disadur dari berbagai sumber)

    Cara Belajar Efektif

    Seringkali dalam obrolan santai dengan siswa sering ditanya, bagaimana cara belajar biologi yang benar? Bagaimana cara memahami materi pelajaran agar tidak cepat lupa? Mengapa saya sulit mengerti ketika belajar? Dan banyak pertanyaan lain seputar cara yang paling efektif menyerap materi pelajaran.

    Perlu dipahami bahwa setiap orang bersifat unik dalam proses menyerap materi pelajaran. Tidak bisa kita memaksakan cara kita paling efektif untuk proses belajar. Berbekal dari pengalaman mengajar dan membaca buku-buku tentang bagaimana otak bekerja, cara belajar efektif  dapat disimpulka:

    1. Runut
    Usahakan belajar materi pelajaran dari topik / materi termudah terlebih dahulu. Biasanya materi pelajaran disusun dengan pola seperti itu. Bahkan tidak jarang, untuk memahami materi tertentu harus mengerti materi lainnya. Jika merasa perlu, tanyakan ke guru atau tentor di mana Anda belajar, mana sebaiknya materi yang perlu dikuasai terlebih dahulu.
    2. Tau Istilah
    Setiap belajar suatu materi pelajaran, biasakan mulai dengan definisi. Dari judul bab, sub bab, atau ada istilah dalam materi tersebut. Jika perlu definisi istilah dalam materi pelajaran, tulislah di area khusus dalam lembar buku dengan spidol berwarna. Ini membantu Anda mengingat istilah tersebut. Tulisan berwarna biasanya melibatkan emosi dan mudah dikenali otak, terutama otak kanan, sehingga memudahkan Anda dalam proses mengingat kembali.
    3. Tau Bendanya
    Ada 3 tipe orang dalam menyerap materi pelajaran, yaitu visual, audiotorial, dan kinestetik. Tetapi, pada umumnya orang mempunyai tipe visual, disamping tipe lainnya. Olehkarenanya, menyertakan gambar atau video dalam proses belajar akan memudahkan memahami materi pelajaran. Manfaatkan gambar yang ada dalam buku-buku atau majalah, dan jika perlu gambar dari ensiklopedia atau internet.
    Selamat Mencoba!!..
    wap2qg7bn3

    Beasiswa DAAD 2010/2011 Jerman

    Pemerintah Jerman melalui program beasiswa DAAD 2010/2011 memberikan kesempatan kepada akademisi dan peneliti yang telah menyelesaikan program S2/master dari semua bidang ilmu untuk mengikuti Program Doktor dan Program Post-docs di universitas Jerman.

    Sejak tahun 2008, DAAD tidak mensyaratkan batasan umur untuk dapat mengikuti program beasiswa ini. Namun DAAD mengganti persyaratan tersebut dengan persyaratan bahwa tahun kelulusan S2/master pelamar tidak boleh lebih dari 6 tahun.

    Pendaftaran untuk tahun ajaran 2010/2011 ditutup tanggal 15 Oktober 2009. Khusus untuk bidang Architecture, Music, Fine Arts, Design and Film, batas terakhir pendaftaran adalah tanggal 30 September 2009.

    Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website DAAD http://jakarta.daad.de sub link “scholarship” atau dapat menghubungi:

    Ibu Endah C. Anggoro (endah@daadjkt.org)
    Ibu Made Kurniati (made@daadjkt.org)
    Tel. : 021 – 520 0870, 525 2807
    Senin – Selasa : 13.30 – 16.00

  • 2 Comments
  • Filed under: Beasiswa
  • Anda di Sini

    IP

    www.opulsa.com