begotsantoso.com

Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik..

Archive for September, 2009

USU akan menerima 47 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru. Demikian sekretaris eksekutif USU, M Lian Dalimunthe, melalui Humas Bisru Hafi, S.Sos, M.Si. Hal ini berdasarkan surat pengumuman tentang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil yang ditanda tangani rektor USU, Chairuddin P Lubis.

Dijelaskan Bisru, penerimaan CPNS di lingkungan USU tersebut berdasarkan Keputusan menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas RI) dan Hasil Rapat Teknis Kepegawaian. Rincian penerimaan CPNS tersebut terdiri dari, untuk formasi dosen sebanyak 39 orang, teknisi 2 orang dan untuk teaching hospital sebanyak 6 orang. Lebih lanjut Bisru menyebutkan, waktu pendaftaran yang dimulai dari tahapan seleksi administrasi, pengisian biodata dan pengambilan Nomor Tanda Peserta Ujian dimulai dari 14 September dan akan ditutup pada  6 Oktober 2009.

Kelengkapan pendaftaran yang harus dipenuhi bagi para calon peserta adalah surat lamaran yang ditulis dengan tinta hitam dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar bersangkutan dengan menyebutkan jabatan yang akan dilamar. Surat lamaran ditujukan kepada menteri Pendidikan Nasional melalui pimpinan unit kerja setempat tanpa dibubuhi materai. Kelengkapan lainnya adalah foto copy STTB/Ijazah sesuai dengan kualifikasi akademik yang dibutuhkan dan telah disahkan pejabat yang berwenang.

Selanjutnya kualifikasi akademik calon peserta seleksi harus linear antara S1, S2, dan S3. Di samping itu calon peserta juga harus menyiapkan pas photo terbaru ukuran 3×4. Sedangkan persyaratan untuk usia bagi calon peserta seleksi yang paling rendah adalah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun.

Dijadwalkan ujian seleksi CPNS USU ini akan dilaksanakan pada Kamis, 15 Oktober 2009, mulai pukul 08:00 s/d selesai, di Auditorium USU.

“Pada pelaksanaan ujian seleksi ini para peserta hanya dibenarkan membawa kelengkapan yang terdiri dari kartu tes, pensil 2B, pulpen, karet penghapus, alas untuk menulis dan rautan. Bagi peserta seleksi (pelamar) yang datang terlambat tidak diperkenankan untuk memasuki ruang ujian atau mengikuti ujian,” papar Bisru.

Tempat pendaftaran dilaksanakan di Biro Sumber Daya Manusia (Biro SDM) di Gedung Pusat Administrasi USU lantai 2, Jl Dr Mansur No 9 Kampus USU Padang Bulan Medan. Untuk informasi lebih lengkap berkaitan dengan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) USU ini dapat dilihat di tempat pendaftaran pada Biro Sumber Daya Manusia (Biro SDM) di Gedung Pusat Administrasi USU lantai 2 Jl. Dr Mansur No. 9, Kampus USU Padang Bulan Medan. sumber informasi didapat dari website usu.

DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM
REPUBLIK INDONESIA

P E N G U M U M A N
Nomor : KP.01.03-Mn/490

PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM

TINGKAT PASCA SARJANA (S.2) DAN SARJANA (S.1) UNTUK GOLONGAN III
TAHUN ANGGARAN 2009

Departemen PU Republik Indonesia membuka kesempatan kepada para Pasca Sarjana dan Sarjana bagi yang Berwarga Negara Indonesia baik pria maupun wanita untuk mengikuti seleksi pengadaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan baik di Pusat maupun di Daerah dengan ketentuan :

KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH :

No.

JURUSAN/PROGRAM STUDI

JUMLAH FORMASI

Pasca Sarjana (S.2)

42

orang

1

Teknik Sipil Pengairan

20

orang

2

Teknik Sipil Jalan

9

orang

3

Teknik Sipil Konstruksi / Struktur

7

orang

4

Perencanaan Wilayah Kota

6

orang
Sarjana (S.1)

499

orang

1

Teknik Sipil Pengairan

85

orang

2

Teknik Sipil Jalan

84

orang

3

Teknik Sipil Konstruksi / Struktur

48

orang

4

Perencanaan Wilayah Kota

26

orang

5

Arsitektur

34

orang

6

Geodesi / Geodinamika

13

orang

7

Geologi / Geofisika / Geoteknik

9

orang

8

Teknik Lingkungan

29

orang

9

Teknik Mesin

7

orang

10

Teknik Industri

5

orang

11

Teknik Elektro Arus Lemah

5

orang

12

Geografi

7

orang

13

T.Informatika

28

orang

14

Manajemen Informatika

11

orang

15

Desain Grafis

2

orang

16

Statistik

5

orang

17

Hukum Perdata

20

orang

18

Ekonomi Akuntansi

27

orang

19

Ekonomi Manajemen

6

orang

20

Ekonomi Pembangunan

8

orang

21

Administrasi Negara

24

orang

22

Sosial

3

orang

23

Sosiologi

2

orang

24

Komunikasi / Publisistik

9

orang

25

Perpustakaan

2

orang

TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI :

Berikut adalah Tahapan dan Jadwal Seleksi dalam Pengadaan PNS Departemen PU Tahun 2009 :

No.

TAHAPAN / JADWAL SELEKSI

TANGGAL

1

Pendaftaran secara Online

3 Sept – 7 Okt 2009

2

Penerimaan Berkas

3 Sept – 7 Okt 2009

3

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

11 Okt 2009

4

Pengambilan Tanda Peserta Ujian

14- 16 Okt 2009

5

Ujian Tertulis

17 Okt 2009

6

Pengumuman Hasil Test

24 Okt 2009

7

Pemberkasan Ulang

26 Okt – 6 Nov 2009

8

Penyampaian secara simbolis SK CPNS 2009

3 Des 2009

Info selengkapnya di www.pu.go.id

  • Comments Off on Penerimaan CPNS Dept Pekerjaan Umum (PU)
  • Filed under: Lowongan Pekerjaan
  • Penerimaan CPNS di UNIV TRUNOJOYO

    Lowongan tenaga pengajar (dosen)
    1. S3 Sastra Inggris (2 orang)
    2. S2 Bahasa Indonesia (1 orang)
    3. S2 Biologi (1 orang)
    4. S2 Fisika (1 orang)
    5. S2 Teknik Elektro-kontrol (2 orang)
    6. S2 Pend. Matematika (1 orang)
    7. S2 Sastra Inggris (1 orang)
    8. S2 Teknik Elektronika (1 orang)
    9. S2 Teknik Mesin (1 orang)

    Lowongan Teknisi
    1. S1 Agribisnis (1 orang)
    2. S1 MIPA/Biologi (1 orang)
    3. S1 Elektronika (1 orang)
    4. D3 Kearsipan (1 orang)

    A. Tempat pendaftaran: Kampus Unijoyo, Jl Raya Telang PO BOX 2 Kamal Bangkalan
    B. Waktu: 14 September sd 6 Oktober 2009; jam 08.00 – 14.00 WIB
    C. Persyaratan:
    – Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun tertanggal 1 desember 2009
    – Sedang tidak terikat kontrak dengan instansi/perguruan tinggi lain
    – Ijazah harus linier antara S1, S2 DAN s3 (bagi pendaftar S3)
    D. Info lebih lanjut: Bagian Kepegawaian Telp (031) 3011146, Fax (031) 3011566

    Sumber: koran jawapos, sabtu 26 September 2009

    Tips Mudik Aman

    Lebaran sebentar lagi.. Acara bertemu keluarga, sesuatu yang sangat menarik.. meskipun acara ini menyita bukan hanya waktu dan tenaga, tetapi juga uang yang sangat banyak.

    Saya sudah berkali-kali mudik dalam perjalanan yang superjauh. Pengalaman suka dan duka sering Saya rasakan ketika diperjalanan. Bagi Anda yang berencana untuk mudik dan menggunakan kendaraan bermotor roda 4 sendiri, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

    1. Periksa mobil Anda kurang lebih seminggu sebelum mudik, dan usahakan mencari pas hari-hari diskon. Karena setiap bengkel resmi (beres) memberikan diskon menarik ketika mendekati lebaran. Apa saja yang perlu diperhatikan dari mobil Anda: kaki-kaki dan sistem pengeriman, spooring-balancing, ganti oli dan  filter, ganti oli transmisi, dan jangan lupa periksa radiator bermasalah atau tidak. Saya pernah berpengalaman, karena malas kuras radiator akhirnya sampai demak mobil bermasalah, dimana terjadi panas berlebihan dan berakibat blok mesin bocor.. terpaksa deh, ganti blok mesin dan menghabiskan uang superbanyak.

    2. Jika kondisi memungkinkan, berangkatlah pada malam hari disaat sedikit kendaraan bermotor roda 2 tidak ada. Perjalanan siang hari tidak bisa berjalan optimal, karena banyaknya pengguna terutama kendaraan roda 2.

    3. Peliharalah jarak aman dibelakang mobil sehingga ada jarak pengeriman jika ada sesuatu didepan.

    4. Hindari mengikuti mobil besar, karena pandangan tidak lepas. Dan jika ini terjadi berusahalah untuk menyalipnya hingga Anda mempunyai pandangan yang lepas.

    5. Jangan memaksa menyetir mobil pada saat kondisi sedang mengantuk. Hasil penelitian, ada 2 hal penyebab utama terjadinya kecelakaan, yakni ban pecah dan kondisi mengantuk. Jika Anda mengantuk, lebih baik Anda berhenti dan beristirahat. Pada saat musim mudik tiba, banyak posko dari BERES yang menyedikan tempat untuk beristirahat. SPBU di jalur pantura dan selatan buka 24 jam, dan siap sebagai tempat istirahat sementara.

    6. Jika Anda memilih jalur selatan, perhatikan juga bahwa dijalur ini lebih sedikit SPBU, jadi jangan sampai anda kehabisan BBM ditempat yang jauh dari SPBU.

    7. Jangan emosi ketika melihat kendaraan lain kebut-kebutan, apalagi sampai mengambil bahu jalan. Selain berbahaya, belum tentu kendaraan Anda sukses untuk melakukan manuver seperti mobil lainnya. Terlebih jika Anda menggunakan mobil sedan, bisa berbahaya.

    8. Jangan membawa penumpang dan barang bawaan yang berlebihan, karena jika beban kendaraan sangat berat akan membuat kendaraan limbung, lambat dalam pengeriman, dan sulit dikendalikan.

    Moga bermanfaat dan selamat mudik..

  • 0 Comments
  • Filed under: Serba-serbi
  • Meskipun terlambat, info tentang bagaimana putra bangsa meraih prestasi dalam ajang IBO masih menarik. 3 dari 4 peserta IBO dari Indonesia meraih medali, antara lain: 1 medali emas atas nama Anugerah Erlaut (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang), 1 medali perak atas nama Irfan Haris (SMAN 1 Pringsewu, Lampung) dan 1 medali perunggu atas nama Elbert Wijaya (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), sedang  1 siswa lainnya, Danang Chrysnanto belum berhasil meraih medali. Sukses buat peserta, dan sukses buat pa Dr. Agus Dana, sebagai pembimbingnya. Inilah press releasenya (diambil dari situs tobi).

    20th INTERNATIONAL BIOLOGY OLYMPIAD (IBO)

    Tsukuba, Japan – July 12-19, 2009

    IBO ke 20 tahun 2009 telah diselenggarakan di Tsukuba, Jepang. Acara Olimpiade Biologi ini bertepatan dengan perayaan 200 tahun Charles Darwin serta 150 tahun publikasi “The Origin of Spesies”. Acara IBO tahun ini diikuti oleh delegasi dari 56 negara dengan jumlah siswa 221 orang, ditambah 4 negara sebagai observer.

    Acara pembukaan hari Senin, 13 Juli 2009 dihadiri oleh Prince & Princess Akishimo sebagai Honorary President IBO ke 20. Chairperson Organizing Committee IBO ke 20, Dr. Hirro Imura dari Universitas Tsukuba mengawali acara pembukaan, dilanjutkan oleh sambutan dari Chairman IBO, Dr. Poonpipoe Kasemsap (Koordinator Tim IBO Thailand). Kemudian Menteri Pendidikan, Kultur, Sains & Teknologi Jepang, Mr. Ryu Shinoya; Chairman Japan Science Foundation, Dr. Akito Arima dan President University of Tsukuba, Dr. Nobuhiro Tamada. Prince & Princess Akishimo yang menghadiri acara pembukaan sejak 30 menit sebelum dimulainya acara juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara IBO ke 20. Prince & Princess Jepang terus mengikuti acara hingga melakukan ramah tamah dan bersantap siang bersama dengan para peserta.

    Empat (4) siswa IBO ke 20 yang mewakili Indonesia adalah:

    1. Anugerah Erlaut, siswa kelas XII, SMA Kharisma Bangsa, Tangerang. Pada OSN 2007 di Surabaya meraih Medali Emas dan mendapatkan The Best Teori. Pada IBO ke 19 tahun 2008 di India, Anugerah memperoleh Medali Perak.

    2. Irfan Haris, siswa kelas X, SMAN 1 Pringsewu, Lampung. Pada OSN 2008 di Makasar meraih Medali Perak. Tahun 2007, Irfan mengikuti IJSO di Taiwan dan memperoleh Medali Perak.

    3. Danang Crysnanto, siswa kelas XI, SMAN 1 Wonogiri. Pada OSN 2008 di Makasar meraih Medali Perunggu.

    4. Elbert Wijaya, siswa kelas XII, SMANK 1 Penabur Jakarta, Pada OSN 2008 di Makasar meraih Medali Perak.

    tobi-2

    TOBI 09 dari kiri: Anugerah Erlaut (medali Emas), Elbert Wijaya (medali Perunggu), Danang Chrysnanto, dan Irfan Haris (medali Perak)

    Ke empat siswa didampingi Pembina Tim IBO Indonesia, yaitu: Dr. Agus Dana Permana; Dr. Maelita R. Moeis; Dr. Devi Nandita Choesin; dan Dr. Iriawati dari SITH – ITB, Dr. Sucipto Hariyanto dari Biologi UNAIR, serta Ir. Gunardi Sihhatmanahadi dari DEPDIKNAS.

    Setelah pembukaan, sekitar pukul 14.00 waktu setempat para pembina yang bertindak sebagai Juri mulai melakukan diskusi dan penterjemahan 4 set soal Test Praktikum, yaitu : 1) Anatomi Hewan dan Tumbuhan : Anatomi ulat sutera (Bombix mori), bunga dan buah Vigna angularis (sejenis tanaman kacang); 2) Biokimia dan Biologi Molekuler : Penetuan aktifitas enzim asam fosfatase yang dilihat berdasarkan reaksi fosfatase dari perubahan absorbansi karena perubahan konsentrasi yang diukur dengan spektrofotometer; 3) Genetika : Karakter berbagai lalat buah yang sangat sering digunakan sebagai studi Genetika, serta pigmen matanya yang dilihat dengan cara kromatografi dan analisis proteinnya dengan elektroforesis; 4) Fisiologi Sel : Bentuk dan jumlah sel ragi yang berproliferasi, serta mekanisme pergerakan regenerasi alga uniseluler. Seluruh Test Praktikum dilakukan di Department of Biological Sciences, Universitas Tsukuba.

    Para juri dari Indonesia selesai dengan menterjemahkan soal pada pukul 03.00. Selasa, 14-7-2009 Test Praktikum dimulai pukul 09.00 dan selesai pukul 17.00. Setiap bidang test harus diselesaikan oleh para siswa selama 90 menit.

    Para siswa diberi kesempatan istirahat dengan melakukan tour ke Pusat Penelitian Roket Jepang, Science Center, serta salah satu Kuil yang menjadi World Heritage, yaitu Nikko Toshugu. Selama para siswa melakukan tour, para Juri menterjemahkan 2 set soal Test Teori. Diskusi dan penterjemahan soal berlangsung hari Rabu, 15-7-2009 dan diselesaikan selama sekitar 14 jam, walaupun ada beberapa delegasi yang bekerja hingga 18 jam.

    Kamis, 16-7-2009, seluruh siswa melakukan Test Teori di Universitas Tsukuba selama 4,5 jam dengan diselingi istirahat 1 jam untuk makan siang.

    Setelah melakukan koreksi hasil pemeriksaan Panitia setempat, para Juri melakukan moderasi dan berdiskusi mengenai penilaian serta jumlah medali yang akan diberikan.

    Acara Penutupan IBO ke 20 dilakukan pada hari Sabtu, 18-7-2009, diawali dengan spesial seminar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Makoto Asashima, salah satu ahli Biologi Perkembangan di dunia. Pada pukul 16.00 mulai diumumkan para pemenang yang meraih medali perunggu, perak dan emas. Dengan bangga, Tim IBO Indonesia 2009 berhasil mempersembahkan 1 Medali Emas yang diperoleh Anugerah Erlaut, 1 Medali Perak dari Irfan Haris dan 1 Medali Perunggu dari Elbert Wijaya. Hasil tersebut merupakan kerja keras para putra terbaik Indonesia, walaupun tidak lepas dari bantuan para pembina, pengajar, asisten, tutor, dan guru mereka, serta Departemen Pendidikan Nasional yang senantiasa membuat Program Olimpiade Internasional di bidang Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Komputer dan Astronomi berjalan dengan lancar.

    Untuk mempersiapkan peserta IBO ke 21 tahun 2010 yang akan dilaksanakan di Korea Selatan, pada awal Agustus 2009, Depdiknas akan melakukan seleksi melakui ajang Olimpiade Sains Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta dari tanggal 3 – 9 Agustus 2009.

    Dukung Terus Tim Olimpiade Biologi Indonesia
    Koordinator TIM IBO Indonesia
    Dr. Agus Dana Permana
    email: agus@itb.ac.id

    UNDIP Menolak Mahasiswa dari Malaysia

    Semarang (ANTARA News) – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2009-2010, tidak lagi menerima mahasiswa yang berasal dari Malaysia.

    “Kami melakukan itu sebagai wujud nyata dalam mengekspresikan rasa nasionalisme,” kata Rektor Undip Prof. Susilo Wibowo usai upacara penerimaan mahasiswa baru di kampus Undip Tembalang, Semarang, Selasa.

    Menurut dia, selama ini Malaysia sering tidak menghargai harkat dan martabat bangsa Indonesia lewat berbagai cara, termasuk klaim Malaysia atas berbagai kebudayaan yang berasal dari Indonesia. Disinggung tentang kerja sama yang sering dilakukan Undip dengan perguruan tinggi di Negeri Jiran tersebut, ia mengatakan, untuk kerja sama memang masih ada yang dilakukan.

    Namun, kata dia, kerja sama tersebut dilakukan untuk menyerap ilmu dan teknologi yang dimiliki untuk dimanfaatkan dan dikembangkan di Indonesia, berbeda dengan penerimaan mahasiswa. Karena itu, untuk penerimaan mahasiswa yang berasal dari Malaysia, pihaknya memutuskan untuk tidak melakukannya lagi, setidaknya dapat dilihat dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini.

    Sementara itu, Kepala Humas Undip, Agus Naryoso juga membenarkan hal tersebut.  “Dulu, mahasiswa Malaysia banyak yang belajar di FK Undip, namun untuk saat ini sudah tidak ada lagi mahasiswa baru dari Malaysia,” katanya.

    “Kalau mahasiswa Malaysia yang sudah masuk sebelum tahun ini memang masih ada, dan mereka tetap diberi kesempatan untuk menyelesaikannya, namun mahasiswa baru tidak ada lagi,” kata Agus.

    Ia mengatakan, Undip pada tahun ajaran ini menerima sebanyak 9.151 mahasiswa baru, terdiri dari program doktor sebanyak 175 orang, magister sebanyak 1.298 orang, spesialis sebanyak 1.154 orang, dan profesi 222 orang.

    “Jumlah terbesar mahasiswa baru adalah di program sarjana sebanyak 6.087 orang, dan diploma berjumlah 1.215 orang,” katanya. Menurut dia, untuk penerimaan mahasiswa tahun ini, Undip telah menyiapkan beberapa sarana dan prasarana yang menunjang, di antaranya rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

    “Rusunawa tersebut terdiri dari empat unit dan setiap unit mampu menampung sekitar 252 orang, sehingga total mahasiswa yang akan tertampung berjumlah 1.008 orang,” katanya.

    Selain itu, kata dia, para mahasiswa baru tersebut akan memeroleh jaminan kesehatan yang lebih baik dengan dibangunnya rumah sakit pendidikan, serta bendungan di kampus Tembalang yang juga dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi.

    “Tahun ini, Undip juga direncanakan menjadi kampus terpadu dengan berpindahnya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ilmu Budaya yang semula di Pleburan ke Tembalang,” katanya.
    (*)

    Tips Menghadapi Gempa Bumi

    Indonesia adalah salah satu negara yang berada pada jajaran gunung berapi yang aktif. Selain itu Indonesia juga berada ditengah 3 lempeng yang secara aktif bergerak. Kedua hal inilah yang menjadikan Indonesia negara akan selalu menghadapi gempa.

    Belajar dari negara Jepang yang juga mempunyai tingkat gempa bumi yang tinggi, dan masyarakatnya terdidik untuk selalu menghadapi gempa, maka tidak salah kita meniru apa yang dilakukan oleh masyarakat jepang:

    Persiapan:
    (1) Mencari tempat yang paling aman di dalam rumah, jika gempa terjadi.
    (2) Menyediakan air minum 2~3 liter sehari / orang
    (3) Mempersiapkan tas ransel untuk menempatkan barang-barang keperluan yang dibutuhkan oleh semua anggota keluarga, Misalnya : lampu senter, baterai cadangan, air minum, makanan, sejumlah uang tunai, kartu identitas, buku tabungan, korek api. Lilin, kotak P3K, helm atau tutup kepala lainnya, baju dalam, dan barang-barang berharga lain yang dirasakan perlu untuk dibawa.
    (4) Menguatkan barang-barang mebel dengan menggunakan logam agar tidak rubuh pada saat gempa terjadi
    (5) Gunakan kaca film pada perabot atau jendela yang berkaca, agar ketika pecah, pecahan kaca tidak berhamburan.
    (6) Biasakan mencatat nomor telpon darurat dan tempat yang bisa dihubungi.

    Pada saat gempa bumi
    (1) Utamakan keselamatan terlebih dahulu, dan mengungsi ke tempat pengungsian terdekat
    (2) Matikan api, kompor gas, dan listrik yang sedang dipakai. Matikan juga alat-alat yang dapat menyebabkan timbulnya api. Jika timbul kebakaran, maka padamkan api dengan menggunakan alat pemadam api terdekat
    (3) Membuka pintu dan mencari jalan keluar dari rumah
    (4) Sedapat mungkin mempunyai informasi mengenai gempa bumi yang bisa didapatkan melalui TV, radio, ataupun telepon
    (5) Jangan terburu-buru melompat keluar dari gedung. Biarkan gempanya mereda, dan sesudah agak tenang, mengeluarkan kotak P3K dan keluar menuju ke tanah kosong sambil melindungi kepala dengan menggunakan helm atau penutup kepala yang lain
    (6) Agar tidak tersesat pada saat hendak pergi ke tempat pengungsian, periksa apakah ada orang yang tertinggal ( anggota keluarga, tetangga, dll )
    (7) Ketika gempa terjadi pada saat sedang menyetir kendaraan, jangan langsung menggunakan rem darurat. Dekatkan kendaraan Anda menuju ke sebelah kiri bahu jalan sambil perlahan-lahan mengurangi kecepatan kendaraan. Jangan berhenti di dekat pompa bensin, fasilitas gas yang mempunyai tegangan tinggi ataupun di bawah jembatan penyeberangan.
    (8) Berjalan di tengah-tengah jalan yang luas. Berhati-hatilah terhadap papan reklame, barang-barang yang berjatuhan, tiang listrik rubuh dan juga terhadap serpihan kaca yang pecah.

    Setelah gempa bumi terjadi
    Sedapat mungkin kumpulkan informasi yang tepat melalui TV, radio atau koran, apakah ada gempa susulan atau tidak. Jika lokasi dimana Anda tinggal dekat laut, usahakan meninggalkan area tersebut dan pilihlah tempat yang tinggi, takutnya ada tsunami.

    di ringkas dari:  http://www.clair.or.jp/tagengo/general_pdf/id/ID01-04.pdf

  • 0 Comments
  • Filed under: Serba-serbi
  • Gempa di Indonesia

    Tidak dapat dipungkiri bahwa bumi yang kita pijak dibentuk dari lempengan/patahan bumi. Ini tak lepas dari proses pembentukan daratan yang berasal dari satu benua yakni Pangea, yang kemudian benua tunggal super raksasa ini terpecah lagi menjadi 2 benua yakni gondwana (terdiri atas antartik, australia, India, Amerika selatan, Selandia Baru, dan sebagian asia timur dan tenggara) dan laurasia (yang terdiri atas amerika utara, eropa dan sebagian besar benua asia).

    Sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia dan Pilipina teramat rumit, dan bahkan menimbulkan berbagai pendapat. Hanya saja dari riset ahli kebanyakan berpendapat bahwa Indonesia secara tektonik ditekan oleh 3 lempeng bumi, yakni dari Australia, Asia, dan Pasifik.  Sebagai gambaran, Indonesia seperti sebuah papan yang ditekan buldoser dari samping dengan kecepatan tetap yakni sebanyak 1 cm / tahun. Inilah yang menimbulkan retakan pada kepulauan Indonesia.

    Lempeng Australia berdekatan langsung dengan daerah Jawa Barat, lempeng dari Pasifik berdekatan langsung dengan daerah Sulawesi dan Papua, sedangkan lempeng Asia berdekatan dengan Sumatera. Sehingga di daerah-daerah tersebut rawan terjadi gempa.

    Kecepatan pergerakan lempeng dapat mencapai 7 cm per tahun, akibat dorongan lempeng-lempeng ini Gunung tertentu seperti Himalaya masih terus bertambah ketinggiannya.

    Gempa sendiri, tejadi akibat dari benturan antar lempeng. Selain itu  gempa juga dapat menimbulkan displacement atau pergeseran. Adanya pergeseran lempeng bumi inilah yang menyebabkan gempa berdampak sangat merusak kehidupan yang ada di atasnya, seperti misalnya gempa yang terjadi di Jogjakarta.

    Bagaimana suatu gempa dapat berdampak timbulnya tsunami seperti di Aceh dan Pangandaran? Gempa dapat menimbulkan tsunami terjadi kalau di permukaan dasar laut terjadi pergeseran naik dan turun, sehingga menyebabkan kenaikan air laut. Gempa berskala 6 skala Richter memungkinkan adanya tsunami. Selain itu ditandai dengan adanya surutnya laut.

    Meskipun gempa yang terjadi di laut dekat tasikmalaya (rabu, 2 September 2009) besarnya 7,3 skala Richter, tetapi tidak terjadi tsunami, ini akibat dari jauhnya sumber gempa (142 km) dan pola pergeseran lempeng yang sejajar dan bukan pergeseran naik-turun.

  • 0 Comments
  • Filed under: Serba-serbi
  • Kemaren, sekitar jam 6 pagi Saya udah ngantri di Bank Indonesia (BI) Bandung, setelah perjuangan melawan dinginnya kota lembang dalam perjalanan menuju Bandung. Berharap dengan jam sepagi itu mendapatkan nomor antrian awal, sehingga bisa pulang lebih cepat. Perjuangan yang Saya lakukan ini tak lepas dari keluarnya uang recehan terbaru Rp 2000,- . Selain itu memang, pas lebaran dikampung namanya uang recehan dari Rp 1000 sd Rp 10.000 hilang dari pasaran. Baru setelah lebaran, uang itu muncul lagi. Pasalnya memang budaya “bagi-bagi duit” hingga saat ini masih dilakukan. sehingga dari pertengahan puasa tiap orang udah siap-siap dengan menahan uang recehan. Maklumlah orang kampung.

    Tapi ternyata dugaanku meleset. Sampai di BI, mengira mendapat antrian terdepan, ternyata di situ sudah ada antrian berkelok-kelok seperti ular. Dan setelah menunggu cukup lama (kurang lebih) 3 jam, antrian bergerak untuk mendapat nomor antrian penukaran. Tahu nggak, aku dapat nomor 568. Jumlah nomor atrian yang dibagikan 1000. Gila, yang nomor satu dapat antri jam berapa? dari obrolan ternyata antri jam 3. Wah emang sahur dan sholat di BI..

    Tapi pelayanan penukaran sebenarnya cukup cepat. Dibuka 5 loket dan sekitar jam 10.30, aku menukar uang recehan tsb, dengan rincian: Recehan 1000 = 1oo.000, recehan 2000 = Rp 400,000 (2 bendel), recehan 5000 = Rp 1.500.000,-, sisanya recehan 10rb. BI membatasi penukaran hingga 5jt.

    Berarti orang Indonesia banyak uang ya, karena penukaran di BI laris manis. Cuman sayang sistem penukaran kok ngga rapi, sehingga harus antri sejak jam 3 pagi.. Adakah sistem penukaran lain yang bisa menfasilitasi shingga tidak harus antri sepagi itu? Lebaran ya lebaran.. acara hambur-hambur uang itu tetap saja di tunggu dari tahun ke tahun.. Selamat berjuang bagi Anda yang berminat mau menukarkan uang ke BI. Semakin mendekat lebaran pasti antrian akan berkali-kali lipat, palagi kalo THR sudah dibagikan.. Hiii..seram..

  • 0 Comments
  • Filed under: Serba-serbi
  • Anda di Sini

    IP

    www.opulsa.com