begotsantoso.com

Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik..

Archive for March, 2009

download soal pra un sesuai SKL (SMA)

soal-soal pra un sesuai skl (standar kopetensi lulusan) dibuat dari hasil kerja sama sekolah di jakarta dengan stimik jakarta. Soal-soal ini sudah dito-kan di sekolah-sekolah dijakarta selatan, jakarta barat dan tangerang.

1. antropologi, kode soal 38 klik disini.
2. antropologi kode soal 39 klik disini.
3. bahasa arab kode soal 44 klik disini.
4. bahasa arab kode soal 45 klik disini.
5. biologi kode soal 20 klik disini atau klik disini.
6. biologi kode soal 21 klik disini.
7. ekonomi kode soal 30 klik disini.
8. ekonomi kode soal 31 klik disini.
9. bahasa inggris kode soal 12 klik disini.
10. bahasa inggris kode soal 13 klik disini.
11. fisika kode soal 14 klik disini.
12. fisika kode soal 15 klik disini.
13. geografi kode soal 28 klik disini.
14. geografi kode soal 29 klik disini.
15. bahasa indonesia kode soal 16 klik disini.
16. bahasa indonesia kode soal 17 klik disini.
17. bahasa indonesia kode soal 24 klik disini.
18. bahasa indonesia kode soal 25 klik disini.
19. bahasa indonesia kode soal 40 klik disini.
20. bahasa indonesia kode soal 41 klik disini.
21. matematika kode soal 10 klik disini.
22. matematika kode soal 11 klik disini.
23. matematika kode soal 22 klik disini.
24. matematika kode soal 23 klik disini.
25. matematika kode soal 34 klik disini.
26. matematika kode soal 35 klik disini.
27. sosiologi kode soal 32 klik disini.
28. bahasa jepang kode soal 42 klik disini.
29. bahasa jepang kode soal 43 klik disini.
30. bahasa jerman klik disini.
31. kimia kode soal 18 klik disini.
32. kimia kode soal 19 klik disini.

Maap dalam bentuk zip agar bisa cepat di download. Sumber soal website stimik jakarta.

Menyembuhkan Game Syndrom

Dunia anak adalah dunia permainan. Mereka begitu suka bermain, mengambil peran dari tokoh-tokoh tertentu, seperti pahlawan, orang tua, dokter, suster atau sekedar pembantu rumah tangga. Bahkan karena asiknya bermain mereka lupa akan kebutuhan primernya, seperti makan, minum, mandi atau belajar. Tetapi bukan berarti melihat perilaku mereka terus kita orang tua menyimpulkan bahwa cara itu tidak ada manfaatnya. Malahan dengan permainan itulah mereka bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman-temannya. Permainan itu pula menjadi sarana efektif untuk mengembangkan imajinasi dan mengekspresikan diri.Bentuk permainan yang dimaksud di atas adalah jenis permainan tradisionil, yang melibatkan beberapa anak. Bukan bentuk permainan virtual seperti game-game di komputer, nintendo atau playstation. Game-game virtual sedapat mungkin di hindarkan dari dunia anak, karena pada game-game ini membuat anak menjadi egois, individualis, dan seringkali mengajarkan anak pada dunia kekerasan. Pada gilirannya anak menjadi brutal dan tak terkendali dan anak malahan menjadi korban dari permainan itu. Hal ini terjadi karena anak menjadi “kecanduan” dan lupa akan kebutuhannya sendiri yang sebenarnya lebih penting.

 Apapun bentuk permainannya (baca permainan tradisional), dalam batas waktu yang wajar masih tidak menimbulkan masalah, tetapi jika permainan sudah melampui batas waktu pada gilirannya akan menimbulkan masalah dalam proses belajar mereka. Karena anak menjadi capek dan tidak ada waktu lagi untuk membuka buku pelajarannya, yang pada gilirannya si anak menjadi kurang berprestasi di sekolah. Sebenarnya inilah masalah klasik di dunia anak. Olehnya peranan kita sebagai orang tua sangat menentukan terutama mengubah sikap anak dalam menghadapi kecanduan terhadap permainan menjadi anak yang bisa memanage waktu antara permainan dan kebutuhan belajarnya. Sehingga, kita akan menciptakan anak yang tidak kehilangan “masa” bermainnya tanpa mengabaikan kebutuhan primernya, belajar.

 Proses belajar sendiri tidak boleh dipaksakan, terlebih pada dunia anak. Belajar harus dilakukan secara sukarela dan tanpa tekanan. Belajar yang dipaksakan akan membuat anak frustasi dan hasilnya sangat sedikit. Belajar harus memang melibatkan emosi mereka. Belajar akan efektif jika dalam keadaan senang, fun. Tetapi permasalahannya tidak jarang menemukan anak yang kurang tertarik terhadap suatu materi pelajaran. Disinilah peranan orang tua yang dapat menjadi teman bagi mereka untuk mengubah sikapnya. Beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan:

 Bawalah dunia mereka ke dunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka.
Filosofi ini di ambil dari konsep quantum teaching, bahwa untuk bisa mempengaruhi anak kita, langkah pertama yang musti dilakukan adalah memasuki dunia mereka  dan kita bawa dunia mereka ke dunia kita.  Ini tidak mudah, karena pendekatan yang dilakukan menggunakan berbagai aspek seperti pikiran, perasaan dan bahasa tubuh, yang ujung-ujungnya membutuhkan sebagian waktu kita sebagai orang tua. Tentunya kita sependapat bahwa untuk anak yang kita cinta, apapun akan kita lakukan terutama untuk hal-hal kebaikan.

 Melalui pendekatan ini anak tanpa sadar dan sukarela diajak dan dipengaruhi tentang segala bentuk kegiatannya. Intinya bahwa menanamkan kepercayaan, terutama kepercayaan anak terhadap orang tuanya. Adalah sifat alamiah manusia, bahwa kepercayaan sangat penting artinya dalam proses menstransfer pengetahuan dan sikap. Dengan anak percaya kepada kita, maka akan mudah bagi kita untuk mengubah sikap dan mempengaruhinya menuju hal yang kita inginkan. Sehingga, anak nanti akan belajar dengan sukarela dan tanpa paksaan.

 Akui segala bentuk usaha dan prestasinya
Mengubah sikap anak untuk mencintai semua mata pelajarannya memang sulit, tetapi dengan usaha sungguh bisa dilakukan. Langkah yang mungkin dilakukan adalah dengan menunjukkan penting dan kegunaan mata pelajaran tersebut, termasuk dalam “dunia” permainan, yang menarik baginya. Sehingga, anak akan tumbuh kesadaran bahwa pelajaran itu penting baginya dan mendorong mereka untuk belajar secara sadar dan senang.

Ketika anak sudah mencapai tahap memahami pentingnya pelajaran, tetapi tidak jarang dalam perjalanannya menemui kesulitan dalam belajar dan mulai “mogok” belajar, maka janganlah kita berputus asa dengan cara membentaknya atau merelakan dan membiarkan mereka tidak belajar. Cara terbaik adalah dengan mendengar keluhannya dan berempati sembari menanamkan pengertian bahwa ” Dibalik kesulitan pasti terdapat kemudahan”.

Apapun usaha yang dilakukan anak, kita harus mengakuinya, termasuk juga prestasinya. Anak kita bukan robot yang bisa diprogram seperti halnya robot-robot di dalam film. Anak kita riil, yang dalam mendidiknya butuh sentuhan emosi dan perasaan. Olehnya apapun usaha dan prestasinya harus selalu kita dukung dan berusaha untuk meningkatkannya.

 Berikan kisah sukses yang dicapai seseorang
Tidak ada salahnya kita membeli buku-buku biografi tentang kisah sukses seseorang. Banyak buku-buku tentang kisah sukses ilmuwan dibidang matematika, biologi, fisika, dan lain-lain yang diperjualbelikan. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jika anak tidak suka membacanya, tidak ada salahnya kita menceritakannya di waktu senggang.

Hal yang diharapkan dari cerita sukses ilmuwan adalah timbulnya proses identifikasi anak terhadap tokoh yang diminati. Jika ini terjadi, anak akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan hal-hal yang juga dilakukan oleh tokoh idolanya, tentunya termasuk juga belajar. Jika ini sudah terjadi maka akan timbul kegairahan belajar tiada henti tanpa kita mesti sulit memberikan motivasi.

 Rayakan setiap bentuk prestasi yang dicapai.
Belajar harus mempunyai target. Belajar juga harus punya tujuan. Dengan menggunakan target dan tujuan, maka kita akan dapat menentukan tingkat keberhasilan anak apakah sudah tercapai tujuan dan target yang akan dicapai. Dalam istilah kerennya “mengacu pada tujuan akhir”.  Di dunia sekolah mungkin target yang realistis adalah mencapai prestasi / mendapatkan rangking terbaik. Jika hal ini bisa dicapai tidak ada salahnya merayakan pencapaian ini, misalnya dalam bentuk pemberian hadiah ke anak dan atau mungkin cukup berupa pujian saja yang sifatnya motivatif. Hadiahnya hendaknya dipilih yang positif dan mendidik.

Merayakan keberhasilan dalam konsep quantum teaching penting artinya, karena dapat berfungsi sebagai umpan balik bagi kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar.

(Disarikan dari Quantum Teaching dan Melejitkan IQ, IE, & IS)

Cara Mudah Membunuh Masa Depan Anak

Anak adalah buah hati kita. Memberikan sesuatu yang terbaik sepantasnya kita lakukan terhadap buah hati tersebut, termasuk dalam masalah pendidikan. Tidak ada satu orang tuapun yang berharap anaknya berkelakuan buruk dan kurang berprestasi di sekolah. Untuk itu orang tua selalu berusaha semaksimal mungkin memberi dukungan dan lingkungan terbaik untuk pertumbuhan anak mereka. Harapannya, agar anak bisa tumbuh secara normal mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. 

Masa anak adalah masa yang kritis. Karena di masa itulah semua potensi dikembangkan, baik fisik, emosional, kecerdasan, dan lain lain. Memberikan perlakuan yang salah pada mereka sama saja dengan membunuh masa depannya. Tetapi tidak jarang para orang tua tidak sadar dengan apa yang dilakukan terhadap anaknya, sehingga menimbulkan hal yang tidak baik dalam perkembangan anak. Untuk menghindari perlakuan-perlakuan yang tidak menguntungkan bagi perkembangan anak, maka sudah sepatutnya kita mengetahui perlakuan salah terhadap anak sehingga bisa jadi dapat membunuh masa depannya. 

Dalam sebuah situs Indonesia Interactive ,yang konsen terhadap permasalahan anak, mendeskripsikan perlakuan salah terhadap anak adalah sebagai berikut:

  • Menunjukkan ketidakpedulian kepada anak, jarang memberi tanggapan terhadap permintaan sekolah aau lembaga pendidikan anak tentang informasi, pertemuan-pertemuan atau kunjungan rumah.
  • Menolak keberadaan dan atau menyalahkan anak untuk masalah-masalah di sekolah atau di rumah.
  • Meminta guru untuk menggunakan disiplin fisik yang keras jika anak melakukan hal-hal yang menyimpang.
  • Memandang anak sebagai sesuatu yang benar-benar buruk, tidak berharga atau menjadi beban.
  • Menuntut kesempurnaan dari penampilan fisik atau akademis, yang tidak dapat dipenuhi anak.
  • Memenuhi kebutuhan emosional anak, seperti pengasuhan, perhatian dan kepuasan anak secara berlebihan.
  • Menunjukkan adanya konflik, ragu-ragu atau tidak mau memberikan penjelasan terhadap luka anak pada sekolah atau lembaga pendidikan tempat anak belajar.
  • Menggambarkan anak sebagai binatang, setan atau hal-hal negatif lainnya.
  • Menggunakan disiplin fisik yang kasar terhadap anak.
  • Tidak peduli terhadap anak.
  • Apatis atau depresi yang dapat mempengaruhi anak.
  • Bertingkah laku irasional atau aneh terhadap keinginannya yang menyebabkan anak menjadi korban.
  • Secara terus menerus menyalahkan, mengecilkan arti atau menyamaratakan anak.
  • Tidak memperhatikan anak dan menolak tawaran untuk dibantu menyelesaikan permasalahan anaknya di sekolah.
  • Secara nyata menolak anak.

 Dengan mengetahui beberapa deskripsi di atas, maka kita sebagai orang tua tentunya bisa menggunakan sebagai cerminan terhadap apa yang kita lakukan terhadap anak yang kita cintai. Jangan apa yang kita anggap benar  dalam memperlakukan anak selama ini malah memperburuk keadaan dan dapat membunuh masa depan mereka.

Bagi Anda yang berminat di UNSRI, paling tidak bisa bernapas lega, karena UNSRI (Universitas Sriwijaya) di Palembang membuka 4 jalur penerimaan, bahkan untuk jalur USM nya dibuka setelah SNMPTN 2009. Ini membuka kans bagi Anda bis berulang-ulang mengikuti seleksi UNSRI.

Universitas Sriwijaya membuka empat jalur penerimaan calon mahasiswa baru di tahun 2009 ini. Keempatnya meliputi jalur Penelusuran Minat Prestasi atau PMP , Program Beasiswa Kemitraan Daerah atau PBKD, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN, dan Ujian Saringan Masuk atau USM.

Hal tersebut diutarakan Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya, Dr. Zulkifli Dahlan DEA, Selasa (24/2), di Palembang. Dia mengatakan, keempat jalur memiliki metode dan cara yang berbeda dalam hal rekrutmen calon mahasiswa.

Mengenai jalur PMP, pihak Unsri sudah mulai mengirimkan formulir ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Saat ini, sudah terkirim 1.700 formulir ke 252 sekolah menengah atas di 15 provinsi. “Kuota calon mahasiswa yang akan diterima dari jalur ini sebanyak 700 orang,” katanya.

Jalur PBKD, lanjut Zulkifli, dibuka dengan cara bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Pertama-tama pihak Unsri mengirimkan formulir kepada semua bupati/walikota dan kepala dinas pendidikan setempat.

Kemudian, pihak bupati/walikota beserta kepala dinas pendidikan di daerah yang akan menentukan para lulusan dari daerahnya untuk kuliah di Universitas Sriwijaya. Tentunya, calon mahasiswa yang diusulkan merupakan siswa-siswi terbaik dari daerah.

“Untuk program ini, kuota yang disediakan 201 calon mahasiswa yang akan mengisi 46 program studi,” katanya.

Sedangkan SNMPTN merupakan jalur penerimaan yang dibuka secara serentak secara nasional, bersamaan dengan perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Mengenai waktu pelaksanaan SNMPTN, Zulkifli menjelaskan pada 2 Juli 2009.

Di Unsri, ada sebanyak 2.948 kursi di 46 program studi yang akan diperebutkan para calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN. Untuk jalur ini, semua calon mahasiswa dari seluruh Indonesia memiliki hak yang sama. Pengumuman SNMPTN akan dilakukan secara serentak pada 1 Agustus 2009 mendatang.

Jalur penerimaan yang terakhir adalah USM yang pendaftarannya akan dibuka setelah SNMPTN berlangsung, yakni pada 27 Juli-7 Agustus 2009. Zulkifli menjelaskan, jalur USM ini dibuka untuk memfasilitasi para calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN, namun tetap ingin memasuki Unsri. “Kuota yang ditetapkan di jalur USM ini mencapai 1.500 orang,” katanya.

Ditanya tentang biaya pendaftaran masing-masing jalur, Zulkifli menjelaskan jalur PMP sebesar Rp 150.000, PBKD sebesar Rp 500.000, SNMPTN Rp 150.000 (jurusan IPA dan IPS) serta Rp 175.000 (jurusan IPC), sedangkan jalur USM sebesar Rp 300.000.

Zulkifli menegaskan, semua calon mahasiswa yang miskin namun berpotensi secara akademik tetap memiliki prioritas untuk masuk ke Unsri. Pada prinsipnya, mahasiswa seperti itu bisa masuk ke Unsri melalui keempat jalur di atas. (Sumber: www.unsri.ac.id)

  • 20 Comments
  • Filed under: Seleksi PTN
  • Kuliah di ITB 100% Gratis

    Siapa bilang kuliah di itb bayar mahal? itu sebagian bro, karena ada yg 100% gratis. Malah mulai dari SPP, dan tetek bengek yang berhubungan dengan perkuliahan itb dibayari. Bahkan biaya hidupun ditanggung. Tapi tentunya syarat dan ketentuan berlaku, he..he.. (kayak iklan kartu perdana aja). Nama programnya ITB Untuk Semua. Mau tau infonya? baca info berikut:

    Program “ITB Untuk Semua” adalah suatu skema penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung yang secara khusus menyediakan bangku kuliah bagi para lulusan sekolah menengah umum dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi dengan penghasilan kedua orang tua di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Uang pendidikan, ongkos tempat tinggal, dan biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung akan didanai beasiswa “ITB Untuk Semua” . Untuk beasiswa ini, alokasi dana yang disediakan ialah 100 juta per anak untuk lima tahun. Dana akan diperoleh dari alumni ITB, baik perseorangan atau berkelompok. Alumni yang sudah bersedia menjadi orang tua asuh diantaranya Ir. Benny Subianto, Ir. Martiono Hadianto, Ir. Betty Alisjahbana, Ir. Karen Agustiawan. Sekitar 100 bangku kuliah disediakan secara khusus bagi para lulusan SMU angkatan 2009.

    Para calon penerima beasiswa akan mengikuti Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB (PMBP) jalur beasiswa penuh. Sebelum kuliah, para calon yang diterima akan mengikuti masa persiapan untuk membantu penyesuaian diri dengan suasana kuliah serta kehidupan di Bandung. Selama kuliah, para mahasiswa program “ITB Untuk Semua” akan mendapat arahan dari pembimbing khusus untuk membantu menyelesaikan kendala studi dan persoalan personal yang mungkin muncul selama menempuh kuliah di ITB. Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti ceramah-ceramah inspirasional, studi banding ke lokasi-lokasi penerapan teknologi tepat guna, dan sebagainya. Para lulusan program “ITB Untuk Semua” diharapkan kelak akan menjadi agen perubahan di daerah asal mereka.

    Persyaratan
    Para calon penerima beasiswa “ITB Untuk Semua” harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    1.  Calon lulusan sekolah menengah umum pada tahun ajaran 2009 (bidang studi IPA untuk fakultas Sains dan Teknik).
    2.  Berasal dari keluarga yang tak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orangtua di bawah Upah Minimum Regional setempat)
    3.  Memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
    4.  Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah (lebih diutamakan yang memiliki bakat memimpin)
    5.  Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
    6.  Bersedia mengikuti ujian penerimaan yang dilakukan ITB

    Bidang Studi yang Dapat Dipilih:
    Fakultas/Sekolah yang dipilih oleh calon penerima beasiswa adalah sbb:
    1. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD),
    2. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL),
    3. Fakultas Teknologi Industri (FTI),
    4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),
    5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD),
    6. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM),
    7. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI),
    8. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK),
    9. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB),
    10. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH),
    11. Sekolah Farmasi (SF),
    12. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

    Cara Mendaftar
    Kirimkan berkas formulir pendaftaran (pada halaman terakhir leaflet ini, boleh di-fotocopy) dengan dilengkapi dokumen sbb:

    Fotocopy halaman depan rapor SMU dan halaman-halaman nilai (dari semester I hingga V) yang telah dilegalisir pihak sekolah
    Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW (Yang dimaksud keluarga yang secara ekonomi tak mampu adalah penghasilan kedua orangtua per bulannya di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Kami akan> melakukan survey lapangan secara random untuk mengetahui kondisi keluarga calon mahasiswa)
    Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
    Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program “ITB Untuk Semua”
    Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [Misalnya, menceritakan pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar sekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dsb]

    Berkas pendaftaran lengkap dimasukkan amplop coklat berukuran besar dan dikirim ke:
    Panitia Penerimaan Beasiswa “ITB Untuk Semua”
    Direktorat Pendidikan ITB
    u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB
    Gd. CCAR ITB Lt.4
    Jl. Tamansari 64 Bandung

    Berkas paling lambat dikirimkan pada 20 April 2009 (cap pos)

    Ujian Penerimaan
    Panitia seleksi tahap awal program “ITB Untuk Semua” akan melakukan penilaian berdasarkan berkas yang masuk. Penilaian meliputi:
    –    Kemampuan akademik
    –    Motivasi (dilihat dari tulisan mengapa pendaftar ingin mengikuti program “ITB Untuk Semua”)
    –    Kondisi keluarga (dilihat dari tulisan kondisi keluarga pendaftar)
    –    Pengujian kebenaran data yang diberikan kepada pihak sekolah
    Dari hasil penilaian tersebut, panitia tahap awal akan memanggil (melalui surat) calon-calon potensial untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) jalur PMBP terpusat dan wawancara di kampus ITB di Bandung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama ujian akan disediakan oleh ITB. Ujian ini akan berlangsung pada 29 Mei- 31 Mei 2009.

    Panitia akan mengumumkan penerima beasiswa (hanya calon potensial, yang diterima yang akan dikirimi surat) pada pertengahan bulan Juni 2009. Penerima beasiswa akan berkumpul kembali di Bandung pada akhir bulan Juni 2009 untuk mengikuti program penyesuaian diri.

    Pada bulan Agustus 2009, penerima beasiswa “ITB Untuk Semua” mulai mengikuti perkuliahan di ITB.

    Download Formulir pendaftaran

    Persyaratan Untuk Mengajukan Lamaran, berupa :

  • Fotocopy halaman depan rapor SMU dan halaman-halaman nilai (dari semester I s.d. semester V) yang telah dilegalisasi sekolah
  • Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW, berupa :
  • Surat Keterangan Penghasilan atas nama kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
  • Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW atas nama kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
  • Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
  • Tulisan 1 halaman kertas HVS (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program “ITB Untuk Semua
  • Tulisan 1 halaman kertas HVS (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [misalnya menceritakan pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar bersekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dsb]
  • Gaji DPR

    Kenapa ya banyak orang ngejar menjadi anggota DPR? Alasannya sederhana, karena gaji DPR luar biasa..

     

    Penerimaan anggota DPR terbagi menjadi tiga kategori, yaitu
    rutin perbulan, rutin non perbulan dan sesekali. Rutin perbulan meliputi :
    Gaji pokok : Rp 15.510.000
    Tunjangan listrik : Rp 5. 496.000
    Tunjangan Aspirasi : Rp 7.200.000
    Tunjangan kehormatan : Rp 3.150.000
    Tunjangan Komunikasi : Rp 12.000.000
    Tunjangan Pengawasan : Rp 2.100.000
    Total : Rp 46.100.000/bulan
    Total Pertahun : Rp 554.000.000

    Masing-masing anggota DPR mendapatkan gaji yang sama. Sedangkan penerimaan nonbulanan atau nonrutin. Dimulai dari penerimaan gaji ke-13 setiap bulan Juni.
    Gaji ke-13 :Rp 16.400.000
    Dana penyerapan ( reses) :Rp 31.500.000
    Dalam satu tahun sidang ada empat kali reses jika di total selama pertahun totalnya sekitar Rp 118.000.000. Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu yaitu:

    Dana intensif pembahasan rencangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000/kegiatan
    Dana kebijakan intensif legislative sebesar Rp 1.000.000/RUU

    Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir 1 milyar rupiah. Data tahun 2006 jumlah pertahun dana yang diterima anggota DPR mencapai Rp 761.000.000, dan tahun 2007 mencapai Rp 787.100.000. Woww.. pantas jika mereka mengejar kursi DPR, belum lagi dana pensiunan yang mereka dapatkan ketika tidak lagi menjabat.

    dpr
    Ini salah satu bagian dari kerja DPR.. Ngorok di ruang sidang juga dibayar..

     

    Sumber:
    www.kabarinews.com
    http://warnadunia.com/rahasia-kenapa…i-anggota-dpr/

  • 4 Comments
  • Filed under: Serba-serbi
  • Strategi Sukses SNMPTN 2009

    belajarDengan persaingan yang superketat dalam Seleksi masuk PTN, memenangkan persaingan diperlukan kerja keras, konsistensi dan strategi yang tepat, karena tanpa ini semua, bukan kesuksesan yang didapatkan tapi dipastikan kegagalan. Ada 4 faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam mengikuti Seleksi masuk PTN, yaitu memilih jurusan dan tempat kuliah, menguasai materi Seleksi PTN, menghindari kesalahan teknis, dan persiapan mental.

     MEMILIH JURUSAN DAN TEMPAT KULIAH
    Hingga sekarangpun diantara kamu ketika ditanya: “Mau milih jurusan apa  ntar? Umumnya banyak yang menjawab “masih bingung”. Padahal waktu persiapan Seleksi masuk PTN semakin mepet, menetapkan jurusan tertentu sebagai sebagai pilihan merupakan keharusan. Olehnya, buatlah keputusan memilih jurusan di PTN sejak dini, tentunya dalam hal memilih jurusan harus disesuaikan dengan bakat dan minat. Untuk membuat semakin yakinnya keputusan yang kamu tersebut, mintalah dukungan dari orang tua, saudara, dan teman dekat/spesial yang nantinya dapat memberikan support atas pilihan yang kamu buat. Terlebih dengan Ortu yang nantinya akan membiayai kamu selama kuliah di PTN.

    Apa kiat dalam memilih jurusan di suatu PTN? Harus disadari kesuksesan kamu dimasyarakat nantinya tidak tergantung pada jurusan atau PTN yang kamu pilih. Karenanya, ketika kamu memilih jurusan tidak harus memilih jurusan atau PTN yang lagi “ngetrend” atau “popular”, namun yang jauh lebih penting perlu dipikirkan besar-kecilnya daya tampung dan tingkat persaingannya.

    Jika impian kamu dapat menembus PTN melalui SNMPTN, maka pada SNMPTN nanti, kamu setidaknya memilih 2 pilihan program studi, maka pada pilihan pertama, pilihlah jurusan yang betul-betul kamu inginkan, dan inilah sebenarnya impian kamu, sedang pilihan kedua: pilihlah jurusan yang saingannya tidak berat dan sesuai dengan kemampuan kamu. Untuk melihat tingkat persaingan tiap jurusan, kamu bisa memanfaatkan website SSC di www.sonysugemacollege.com dengan melihat nilai TO dan rangking pada program superintensif. Pilihlah jurusan dimana kamu masuk dalam 30% dari daya tampung di SNMPTN. Misalnya, jika kamu nantinya memilih jurusan FK UNPAD, dimana daya tampung di SNMPTN 150 mahasiswa, maka pilihan aman ketika nilai TO kamu termasuk 50 besar dari pserta TO yang milih FK Unpad. Agar peluang kelulusan besar, mintalah bantuan konsultan yang ada di SSC.

    Selain itu, perlu juga dipertimbangkan tentang biaya hidup, tempat tinggal, keadaan lingkungan/sistem pergaulan di sekitar PTN yang kamu pilih. Ini perlu karena berhubungan dengan kemampuan finansial ortu dan lingkungan yang menunjang kesuksesan ketika kuliah.

     MENGUASAI MATERI SELEKSI MASUK PTN
    Tidak ada kesuksesan yang dibangun dengan sim salabim. Semua orang sukses dibelahan bumi ini selalu melalui proses yang panjang dan melelahkan. Contohnya bagaimana  Thomas Alfa Edison dapat menemukan Listrik setelah ribuan kali percobaan. Don Jun Yong dengan perusahaan raksasa Hyundainya dibangun dengan kerja yang sangat keras. Bill Gates, manusia terkaya diplanet bumi setelah bertahun-tahun membangun perusahaan microsofnya sehingga menguasai software diseluruh dunia. Demikian halnya orang-orang yang sekarang sudah sukses di masuk PTN melalui proses belajar sangat keras. Ya, berarti kunci sukses di tembus PTN melalui proses belajar.

    Dengan beban materi yang seambreg dan minimnya waktu, maka dalam proses belajar perlu strategi yang tepat. Banyak diantara kamu ketika mengerjakan soal berharap punya cara jitu / cepat (the fastest solution). Padahal cara tersebut  banyak yang menyesatkan, dan sering terjadi cara tersebut hanya untuk satu jenis soal saja, sehingga ketika berhadapan dengan soal yang berbeda kamu akan menemui kesulitan. Mulai sekarang, belajarlah konsep dan perkuat kuda-kuda sehingga kamu akan siap menghadapi berbagai tipe soal dan seleksi PTN apapun.

    Kuasailah kisi-kisi seleksi masuk PTN tahun sebelumnya dengan mengerjakan tugas mandiri SSC. Buat juga target beberapa soal yang akan dikerjakan pada saat seleksi PTN nanti. Hal ini penting untuk menambah semangat belajar.

     HINDARI KESALAHAN TEKNIS
    Dimateri profil SNMPTN kamu sudah tahu bahwa banyak peserta gagal bukan karena tidak dapat mengerjakan soal, tapi karena faktor teknis. Meskipun kelihatannya sepele, tapi peserta yang gagal karena kasus ini hampir sama dengan peserta yang lulus seleksi PTN. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan teknis.

    • – Pilihlah pensil 2B, serutan pensil dan penghapus dengan kualitas. Sedapat mungkin hindari menghapus, karena proses menghapus yang tidak bersih betul dapat terbaca oleh scanner dan Akibatnya menjadi fatal.
    • – Ketika kamu menerima LJK, perhatikan apakah LJK tersebut kualitasnya baik seperti cetakan jelas, tanpa coretan dan tidak terlipat.
    • – Jangan menghitamkan LJK kalau belum yakin itu sebagai pilihan jawaban. Setiap kali mengisi LJK berusahalah memeriksa kembali data yang kamu isikan tersebut, apakah sudah hitam benar, tidak berada dalam satu kolom dengan data lain dan sebagainya.

     
    PERSIAPAN MENTAL
    Tidak jarang peserta Seleksi PTN yang telah menguasai materi pelajaran dan tahu hal-hal teknis tentang Seleksi PTN menjadi gagal karena tidak adanya kesiapan mental pada diri peserta tersebut. Alasannya klasik, seperti merasa belum menguasai materi yang di seleksi kan, takut berbuat kesalahan, dan masih banyak lagi alasan yang digunakan. Berusahalah meniru sikap orang sukses didunia seperti halnya Michael Jordan. Pebasket legendaries dari AS tersebut setiap harinya berlatih dan ketika bertanding berkonsentrasi dengan apa yang dia lakukan ketika berlatih. Jordan tidak pernah mempedulikan bagaimana ribuan bahkan jutaan mata melihatnya ketika memasukkan bola basket ke keranjang. Dan hasilnya fantastic.

    Demikian halnya ketika kamu mempersiapkan diri untuk seleksi masuk PTN. Jangan lagi berpikir tentang hasil. Serahkan semuanya pada Allah SWT. Yang terpenting buat kamu adalah berusaha maksimal agar mendapatkan hasil yang terbaik. Lebih perbanyak lagi berdoa pada Allah SWT, agar dipermudah ketika mengerjakan soal Seleksi masuk PTN. Sadari bahwa sepintar apapun kamu jika Allah SWT tidak mengijinkan, tidak akan lulus. Tetapi sebaliknya kamu biasa-biasa saja, kalau Allah berkehendak tetap akan lulus juga. Kuncinya JANGAN STRESS, karena stress akan menurunkan kemampuan otak. Usahakan setenang mungkin sehingga kamu dapat mempersiapkan Seleksi PTN secara optimal.

    Berikut soal-soal un biologi
    1. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1987 klik disini.
    2. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1988 klik disini.
    3. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1989 klik disini.
    4. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1990 klik disini.
    5. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1991 klik disini.
    6. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1992 klik disini.
    7. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1993 klik disini.
    8. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1995 klik disini.
    9. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1996 klik disini.
    10. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1998 klik disini.
    11. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 1999 klik disini.
    12. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 2000 klik disini.
    13. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 2002 klik disini.
    14. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 2003 klik disini.
    15. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 2004 klik disini.
    16. Soal Ujian Nasional (UN) Biologi tahun 2006 klik disini.

    Soal SNMPTN

    Soal SNMPTN dibawah ini

    1. SNMPTN Biologi Tahun 2008 Kode Soal 312 klik disini.
    2. SNMPTN Biologi Tahun 2008 Kode Soal 302 klik disini.
    3. SNMPTN Biologi Tahun 2008 Kode Soal 102 klik disini.
    4. SNMPTN Biologi Tahun 2008 Kode Soal 212 klik disini.
    5. SNMPTN Biologi Tahun 2008 Kode Soal 202 klik disini.
    6. SNMPTN Biologi Tahun 2008 Kode Soal 112 klik disini.

    Soal seleksi PTN

    Dibawah ini soal seleksi PTN. Berhubung saya berlatar belakang biologi, maka soal terbanyak mata pelajaran biologi.

    1. UM Undip  Biologi Tahun 2009 kode soal 192 klik disini
    2. SIMAK UI Biologi Tahun 2009 klik disini

    Anda di Sini

    IP

    Komentar ya disini!!!

    Nama :
    Website :
    Komentar :

    Kunjungi Sponsor

    Paid Review Indonesia
    Adsense Indonesia

    www.opulsa.com